Guspardi Harap Menteri ATR/BPN Berani Tumpas Mafia Tanah

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews– Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendukung komitmen Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberantas mafia tanah.

Menurut Guspardi, hal ini tentu membawa harapan ditengah carut marutnya persolan pertanahan yang penuh dengan sindikat mafia tanah.

Read More
banner 300250

banner 300250

“Memang dibutuhkan sosok yang tegas dan lebih berani menumpas mafia tanah dan mengatasi persoalan pertanahan atau mrantasi gawe (menyelesaikan masalah). Kehadiran sosok mantan Panglima TNI yang diamanahkan sebagai Menteri ATR/ BPN diharapkan akan bisa melakukan terobosan dan langkah lebih tegas, sistematis dan terukur dalam menyelesaikan sengkarut persoalan tanah di Indonesia,” ujar Guspardi kepada para wartawan, Kamis (22/6/2022)

Menurut Guspardi, masih banyaknya kasus mafia tanah yang belum terungkap harus menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Guspardi menilai, masalah mafia tanah ini telah membebani masyarakat dan menimbulkan berbagai persoalan.

“Ini sesuatu yang diharapkan masyarakat, ekspektasinya Kepala BPN dapat melakukan penyelesaian terhadap persoalan-persoalan pertanahan,” tegas Politisi PAN ini.

Guspardi mengungkapkan, persoalan mafia tanah tidak luput dari adanya oknum birokrasi yang melindungi dan para mafia tanah ini memang merepotkan karena mereka sudah mempunyai sindikat.

“Tanah yang sudah dibebaskan dan sudah dibayar tinggal eksekusi, tahu-tahu diklaim pihak lain yang mengaku sebagai pemilik lahan. Nah ini siapa aktornya? Tangkap, tindak tegas dan ungkap jaringan serta kompolotanya,” imbau Anggota Baleg DPR RI ini.

Oleh karena itu, lanjut legislator asal Dapil Sumbar 2 ini, diperlukan langkah lebih berani dan tegas dengan kepastian hukum yang kuat, agar para pelaku mafia tanah mempunyai efek jera untuk tidak mengulangi perbuatannya.

“Pak Hadi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN yang baru harus melakukan evaluasi dan lebih berani membersihkan lembaga internalnya dari tingkat pusat hingga ke daerah, termasuk pihak swasta dan pihak lain yang melakukan persengkokolan jahat yang ujung-ujungnya merugikan masyarakat,” pungkas Guspardi Gaus.

Sebelumnya, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menegaskan akan memberantas mafia tanah yang selama ini merugikan masyarakat luas. Pihaknya akan bekerjasama dengan instansi dan pihak terkait seperti kepolisian dan kejaksaan agar mafia tanah benar-benar musnah.

Selain persoalan mafia tanah, Hadi menambahkan, ia juga akan menyelesaikan segala kerumitan penyelesaian hak tanah. Hingga konflik yang terjadi antara masyarakat dengan pemerintah di bidang pertanahan. LN-RON

Related posts