Guspardi Kecam Keras Pernyataan yang Samakan Muhammadiyah dengan Syiah

Jakarta, LiraNews – Anggota F-PAN DPR RI Guspardi Gaus mengecam keras pernyataan salah satu penceramah di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) yang menyamakan Muhammadiyah dengan Syiah.

“Sungguh tidak berdasar kicauan yang dikeluarkan oleh saudara Hafzan El Hadi (HEH) di facebook, menyamakan Muhammadiyah dengan aliran Syiah. Apalagi jika itu dikaitkan dengan penentuan hari raya Islam,” kata Guspardi kepada para wartawan, Senin (1/4/2023).

Read More
banner 300250

Guspardi pun menyarankan, HEH untuk tabayyun dan lebih banyak belajar lagi berkaitan dengan perbedaan hari perayaan Idul Fitri warga Muhammadiyah dengan pemerintah.

Sebagai penceramah dan pengajar di salah satu pondok pesantren di Payakumbuh, imbau Guspardi, mestinya Hafzan El Hadi lebih mengedepankan prinsip saling menghargai, toleransi dan ukhuwah Islamiyah jika terjadi perbedaan penetapan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah hal yang wajar. Ini berkaitan dengan perbedaan pandangan, masuknya ranah ijtihad,” tutur Anggota Komisi II DPR RI ini.

Guspardi mengaku mendapatkan tangkapan layar (screenshoot) yang di posting atas nama Hafzan El Hadi yang juga menuding ormas Muhammadiyah sebagai pemecah belah.

“Bahkan dalam unggahan lainnya menghujat Muhammadiyah sebagai Sekte. Ini sungguh keterlaluan dan melukai perasaan warga Muhammadiyah,” ungkap Guspardi.

Karena itu, Guspardi menilai sangat beralasan jika Angkatan Muhammadiyah (AMM) Payakumbuh melaporkan Hafzan El Hadi ke Polesta Payakumbuh.

“Pernyataannya sungguh tidak masuk akal dan mengandung unsur kebencian kepada kelompok tertentu dan sarat muatan sara,” tegas Anggota Baleg DPR RI ini.

Dalam kesempatan yang sama, Guspardi juga menyinggung soal unsur ujaran kebencian yang dilakukan oleh peneliti BRIN.

“Komentar 2 peneliti BRIN yang diunggah di media sosial itu juga nampak sarat adanya unsur tindak pidana fitnah, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian,” tukas Guspardi.

Terhadap kedua peneliti BRIN itu, Guspardi mengingatkan Kepala BRIN untuk memberikan sanksi tegas, bahkan memecat keduanya.

“Gunanya apa? Untuk memberikan efek jera dan memberikan peringatan kepada warga negara siapapun terutama ASN agar di lain waktu bisa bersikap bijak mengeluarkan pendapat,” jelas Ketua Majelis Pemberdayaan Masjid dan Pesantren ICMI itu.

Namun begitu, Guspardi yang juga tokoh Muhammadiyah ini, mengimbau agar warga persyarikatan tetap tenang, tidak terprovokasi dan senantiasa mengedepanankan kerukunan antar sesama anak bangsa, menghargai keberagaman sebagai sebuah keniscayaan yang harus dihormati bersama.

Untuk meredam semakin masifnya ujaran kebencian berunsur SARA yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, Guspardi meminta pihak Kepolisian untuk melakukan proses hukum dengan adil, cepat, dan tuntas.

“Saya meminta Bapak Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo agar dapat mengawal penanganan kasus laporan yang disampaikan oleh AMM Payakumbuh maupun yang dilaporkan oleh PD Muhammadiyah Surabaya berjalan cepat dan adil,” harap Guspardi.

Bagaimanapun, tambah legislator asal Dapil Sumbar 2 ini, pernyataan saudara HEH dan 2 peneliti BRIN jelas mengandung unsur kebencian terhadap suatu kelompok.

“Sarat muatan SARA dan penuh fitnah. Sangat berbahaya jika tidak disikapi dengan serius dan harus ditangani dengan tuntas,” pungkas Guspardi Gaus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *