Habib Syakur: Kita Wajib Membangun Harmoni Antar-Umat Beragama

Founder Lembaga Kajian Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Alhamid.

Jakarta, LiraNews.com – Founder Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Alhamid menegaskan bahwa sikap saling menghargai antar-umat beragama harus dibangun, karena Indonesia adalah negara yang berdiri di atas fondasi Pancasila.

Habib Syakur pun menegaskan bahwa dalam ajaran agama Islam pun, diajarkan untuk bisa terus hidup rukun berdampingan, meskipun berbeda keyakinan agama. Sikap saling menghormati dan saling menghargai harus diutamakan.

Read More
banner 300250

“Kita tau persis bahwa kewajiban menghargai dan menghormati antar-sesama umat beragama dan lain agama itu wajib. Seperti contoh, saya mengucapkan kepada umat Kristiani salam itu dengan Shaloom, tuhan memperkati. Saya tidak mengimani. Saya mengucapkan untuk kebaikan,” ujar Habib Syakur.

“Saya mengucapkan kepada umat Hindu om swatiasti, bukan karena saya mengimani tapi untuk kebaikan,” lanjut Habib Syakur.

Sikap ini, lanjut Habib Syakur, bukan berarti saya memudahkan segala urusan dengan alasan tidak mengimani. Sebab salam prinsip akidah kesilaman, semua tergantung pada niat baik.

“Saya berperinsip bahwa kehidupan yang universal di republik Indonesia tercinta ini harus kita jaga bersama. Harmoni kebangsaan negara kita harus damai, harus rukun, harus utuh,” tandas Habib Syakur.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *