Hanan A Rozak: Tingkatkan Produktifitas Lada Hitam dan Komoditas Hortikultura di Lampung Utara

Gravatar Image
  • Whatsapp

Lampung Utara, LiraNews – Anggota Komisi IV DPR RI, Hanan A.Rozak mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan produktifitas Lada Hitam dan komoditas hortikultura khususnya di wilayah Lampung.

Hanan menjelaskan, Lada Hitam sebagai komoditas asli Lampung adalah andalan untuk ekspor sektor perkebunan. Bahkan Lada Hitam sangat diminati pasar dunia.

Read More
banner 300250

Berdasarkan catatan dari Eqfast Karantina Lampung, urutan tertinggi negara pengimpor Lada Hitam asal daerah Lampung adalah Vietnam, Amerika Serikat, India, Netherlands dan Prancis. Permintaan terhadap Lada Hitam meningkat terus.

“Dengan banyak permintaan di pasar dunia, tentunya tugas kita tak hanya mendongkrak ragam komoditas pertanian namun terus berupaya untuk meningkatkan volume ekspor dari produk yang sudah masuk pasar Internasional yang hal yang tak kalah penting yaitu dibarengi dengan strategi penjualan yang baik,” ujar Hanan melalui keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Sinergitas semua pihak tentu harus terus ditingkatkan, tak hanya antar instansi pemerintah komunikasi dengan para petani dan pelaku usaha juga harus ditingkatkan.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Karantina Pertanian Lampung hari ini, yang telah mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) menuju ekspor Lada Hitam dan hortikultura di Lampung Utara.

Hal senada juga disampaikan oleh bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Asisten 3 Sofyan mengatakan bahwa di Lampung Utara lada memiliki nilai historis yang tinggi.

Dengan tantangan nilai jual yang rendah serta luas lahan yang semakin sempit tentu tak boleh menyurutkan semangat masyarakat kita.

“Mari kita kembalikan kejayaan lada Lampung kita sudah didukung oleh seluruh pihak baik dari pusat melalui kementerian pertanian hingga ditingkat daerah,” ujar Sofyan.

“Semoga harapan bersama ini dapat segera terwujud demi kemajuan pertanian Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Hanan saat menutup penyampaiannya.

Related posts