Harapan DPD LPK Jatim terkait CSR Petronas Carigali untuk Masyarakat Terdampak

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya, LiraNews – Coorperate Sosial Responsilibit adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap lingkungan disekitar perusahaan. Aktivitas CSR harus mampu membina hubungan baik terhadap lingkungannya, baik internal maupun eksternal. Serta mampu menciptakan program-program yang tepat sasaran.

“Dengan begitu akan menghasilkan kepercayaan sosial dari publik terhadap perusahaan bahkan untuk nama baik perusahaan sebesar PT. Petronas Carigali dikalangan nasional,” ujar Handreyanzah dari Dewan Perwakilan Daerah LPK Provinsi Jawa Timur.

Sebagai wadah organisasi yang menampung dan menyampaikan segala bentuk aspirasi masyarakat kepada pemerintah atau yang terkait. “Saya menilai kekurang mampuan tim aktivitas CSR dari Petronas Carigali dalam penyampaian bantuan CSR karena berkesan kurang tepat sasaran atau monopoli,” tuturnya.

Selain pernah mengusulkan 3 (tiga) desa yaitu; Desa Masaran, Jatra Timur dan Trapang pada waktu Sosialisasi Jaring Aspirasi Usulan untuk CSR waktu lalu bersama Forkopincam Banyuates dan Forkopimda Sampang, agar dimasukkan ke daftar bagian wilayah terdampak pengeboran minyak dan gas di wilayah pantura Madura oleh Petronas Carigali dengan alasan yang sangat mendasar yaitu karena sama-sama memiliki lepas pantai dan supaya tidak terjadi kesenjangan sosial pada masyarakat kecamatan Banyuates khususnya.

Saat Andre menyoroti bantuan CSR Petronas Carigali yang terealisasi ditahun sebelumnya yang sempat diwacanakan oleh masyarakat setempat, yaitu contohnya di desa Nepa yang berbentuk program Pengembangan Ternak Sapi yang sangat rawan dengan adanya penyimpangan oleh pihak perwakilan penerima kelompok pengelola.

Selain itu, dinilai kurang bermanfaat bagi masyarakat desa Nepa lainnya. Artinya diduga adanya ketidakmampuan dibagian Humas CSR Petronas Carigali.

“Harapan saya semoga pihak pemerintah dan perusahaan lebih intens lagi didalam melakukan pengawasan terhadap program Pengembangan Ternak Sapi dan program lainnya, dan kedepannya tim humas perusahaan harus benar-benar peka didalam menyampaikan program bantuan CSR agar tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat serta dirasakan oleh stackholders disekitar perusahaan,” pungkasnya. LN-Yanto

banner 300x250

Related posts

banner 468x60