Hari Guru Nasional, Sonny T Danaparamita: Tenaga Pendidik Adaptif Teknologi dan Selalu Dinamis

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita, peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 menjadi momentum emas bagi para guru di Indonesia untuk lebih beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Menurut Sonny, di era modernisasi yang sangat masif seperti saat ini, teknologi telah menjadi sebuah keniscayaan. Ditambah lagi sejak terjadinya wabah pendemi Covid-19, teknologi menjadi salah salah sektor yang memiliki peranan cukup besar untuk menunjang kehidupan dalam kegiatan sehari hari, termasuk dalam bidang pendidikan.

Read More
banner 300250

“Kita harus sadari pada abad 21 ini, teknologi telah menjelma menjadi komponen utama penggerak kehidupan, segala hal saat ini telah menggunakan teknologi, tak terkecuali pada bidang pendidikan, oleh sebab itu para guru dan tenaga pendidik lainnya harus bisa lebih beradaptasi dengan teknologi ini,” kata Sonny kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Sonny memang sangat dekat dengan Guru, karena almarhum kedua orang tuanya juga berprofesi sebagai guru. Dari sanalah ia menyadari betul bahwa guru harus bisa selalu dinamis, dalam mengikuti zaman agar ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh murid muridnya.

“Almarhum kedua orang orang tua saya Guru, dari beliaulah saya banyak belajar dan mengerti bahwa sebagai tenaga pendidik itu harus bisa dinamis, harus selalu adaptif dalam mengajar, agar ilmu dapat tersampaikan dengan baik, maka jika saat ini eranya teknologi maka tenaga pendidik harus bisa adaptif dengan hal itu,” ungkap Sonny.

Legislator dari dapil Jatim III itu menjelaskan, saat ini pelajar Indonesia sebagian besar menggunakan teknologi sebagai sarana untuk belajar, karena kemudahan dan efisiensinya. Oleh sebab seluruh tenaga pendidik yang ada di Indonesia diharapkan bisa segera beradaptasi dengan teknologi.

Sonny T Danaparamita, Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jatim III

“Saat ini sudah menjadi hal umum bahwa para pelajar kita menjadikan teknologi sebagai alat mencari bahan pelajaran yang mereka butuhkan. Maka disitulah guru harus bisa mengimbangi, dengan bisa segera adaptif dengan teknologi,” jelasnya.

Di hari guru ini pula, Sonny tak lupa mengucapkan terimakasih untuk seluruh guru di bangsa ini yang telah mengabdikan dirinya berdedikasi untuk pendidikan Indonesia.

“Tak lupa di hari guru ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya pada semua guru di mana pun berada. Memang tidak semua guru luar biasa. Tapi orang menjadi luar biasa karena hasil sentuhan dan didikan dari guru”

Sonny berharap kedepan selain menjadi guru yang bisa adaptif dengan teknologi, juga harus dapat menginspirasi, serta bisa menciptakan ekosistem sekolah yang menantang, sekaligus menyenangkan. Sehingga, dapat membuat murid senang dalam kegiatan belajar mengajar.

“Tentu harapan kita semua bahwa tidak hanya adaptif dengan teknologi, namun guru juga harus menjadi sosok yang menginspirasi, menciptakan ruang-ruang dialektis dan menjadikan ekosistem sekolah lebih menantang dan menyenangkan,” tandas Sonny T Danaparamita.

Related posts