Hasil Hitungan Cepat, Jokowi-Maruf Amin Unggul Dari Prabowo-Sandiaga Uno

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Jakarta — Presiden Joko Widodo tampaknya akan memegang masa jabatan lima-tahun yang kedua, setelah hasil hitung cepat hari Rabu menunjukkan ia unggul dari penantangnya, Prabowo Subianto.

Hitung cepat dari lima lembaga survei independen menunjukkan perolehan suara capres petahana Joko Widodo melebihi Prabowo Subianto, mantan jenderal yang memperingatkan Indonesia akan bubar tanpa kepemimpinan orang kuat seperti dirinya.

Hitung cepat itu menggunakan sampel di berbagai TPS, dan dari sekitar 80 persen TPS yang telah dihitung, kelima survei itu menunjukkan Jokowi memperoleh 55-56 persen suara, sedikit meningkat dari perolehan suaranya pada tahun 2014.

Dalam kata sambutan kepada para pendukungnya beberapa jam setelah TPS ditutup, Jokowi mengatakan ia sudah mengetahui hasil hitung cepat dan mengimbau bangsa Indonesia supaya bersatu kembali setelah perseteruan semasa kampanye.

“Dari indikasi exit poll dan quick count, tadi kita sudah melihat semuanya, tetapi kita harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi,” kata Jokowi.

Prabowo Subianto, yang kalah dari Jokowi pada pemilihan presiden tahun 2014, belum mengakui kekalahannya.

Prabowo mengatakan exit poll dan hitung cepat oleh tim kampanyenya menunjukkan ia unggul tetapi ia meminta para pendukungnya agar tidak menimbulkan kekacauan.

Tim kampanye Prabowo menuduh adanya ketidakberesan masif dalam daftar pemilih, tetapi para analis mengatakan tuduhan tersebut tidak masuk akal dan dirancang untuk merongrong pemilu.

Pemilu Indonesia secara logistik luar biasa besarnya dengan sekitar 193 juta orang yang berhak memilih, 800.000 TPS, dan 17 juta warga terlibat untuk menjamin pemilu berjalan mulus. Sejumlah helikopter, kapal motor dan kuda digunakan untuk mengantar surat suara ke daerah-daerah terpencil yang sulit ditempuh. KN-VOA

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60