Hasto Sebut Nama Lakhdar Brahimi Terkait Sejarah Inspiratif Bung Karno, Siapa Dia?

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Hari Sumpah Pemuda menyegarkan kembali denyut sejarah peranan Bung Karno dalam memerdekakan negara-negara Islam di Timur Tengah, serta membuat angkatan bersenjata Indonesia yang tangguh.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, peranan sejarah Bung Karno itu harus menjadi inspirasi bagi kalangan pemuda Indonesia milenial sekarang.

Read More

banner 300250

“Kalau Ibu Mega berpesan agar para pemuda Indonesia memahami Jas Merah (jangan sekali-sekali melupakan sejarah),” kata Hasto saat Rakorbidnas Bidang Pemuda dan Olahraga dengan tema Optimisme dan Peran Serta Pemuda di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, Selasa (27/10).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Hasto menuturkan, Indonesia sempat mengalami kemunduran di mata dunia saat Orde Baru. Selama 32 Tahun Soeharto memimpin, mentalitas kepeloporan bagi dunia yang selama ini dibangun Bung Karno runtuh.

Di periode 1960-an, jelas Hasto, angkatan perang Indonesia merupakan angkatan perang yang terkuat di belahan bumi selatan. Sangsaka merah putih begitu diperhitungkan dunia.

Mengenai peran Bung Karno dalam kemerdekaan sejumlah negara Islam, Hasto menyebut dimulai dari perkenalannya dengan Lakhdar Brahimi. Mahasiswa asal Aljazair yang negaranya terjajah oleh Perancis. Kebetulan saat itu Lakhdar yang masih muda berkunjung ke Indonesia.

“Karena dia dengar Indonesia mengadakan Konferensi Asia Afrika. Padahal situasi saat itu kita bukanlah negara yang memiliki kekayaan yang cukup. Tetapi Bung Karno sadar bahwa salah satu wilayah Indonesia yaitu Irian Barat masih terjajah oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda,” jelas Hasto.

Nah, di acara Konferensi Asia-Afrika itu pula Bung Karno menjamu para tamu negara asing dengan makanan lokal sekaligus melakukan diplomasi. Termasuk membantu Lakhdar mendapat eksistensi negaranya di negara-negara Asia-Afrika.

Singkat cerita, banyak bantuan dan fasilitas perjuangan diberikan Bung Karno sebagai wujud dukungan kepada Lakhdar Brahimi dalam merebut kemerdekaan negaranya.

“Bung Karno membantu Lakhdar Brahimi ini dana perjuangan, dan kemudian disewakan sebuah rumah, di Jalan Serang di Menteng ini. Maka dari Jalan Serang itulah dirancang kemerdekaan Maroko, Tunisia dan Aljazair. Ini tiga negara Islam,” kata Hasto.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60