Hinca Panjaitan: Personel Kepolisian Diluar Institusi Polri Harus Dibatasi

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Banyaknya personel aktif kepolisian yang dikaryakan di luar institusi kepolisian terutama perwira Polri mendapat sorotan banyak pihak.

Menyikapinya hal tersebut, anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan menyatakan, dirinya akan meminta ketegasan dan komitmen calon Kapolri yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjawab mengenai hal tersebut.

“Tentang personel-personel kepolisian yang masih aktif di luar institusi Polri 2 tahun terakhir ini mendapat perhatian yang sangat banyak di depan publik karena itu kita juga ingin minta ketegasan dan komitmen Kapolri baru ini untuk menjawab itu, sebab di dalam pun masih kurang personel itu,” kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (13/1/2021).

Politisi Partai Demokrat ini pun mengungkapkan, melayani tugas-tugas kepolisian yang secara khusus diberi kepada polisi itu sendiri berdasarkan UU cukup banyak.

“Jadi saya kira Pak Listyo nanti harus menjawab tantangan itu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan publik mengapa belakangan ini banyak perwira-perwira tinggi Polri aktif yang bekerja di luar tupoksinya,” ujar legislator asal Dapil Sumut 3 ini.

Hinca Panjaitan pun tak memungkiri ada beberapa personel polisi yang diperlukan oleh institusi lain sesuai dengan bidang yang dikuasainya, namun seharusnya hal tersebut dapat dibatasi.

“Mungkin ada satu atau dua yang diperlukan karena memang bidangnya, tetapi seharusnya dibatasi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hinca mengaku, dirinya menunggu komitmen dan gagasan besar dari calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi pada fit and proper test calon Kapolri pekan depan. LN-RON

“Karena itu, Kapolri baru ini harus kita dengar komitmennya. Kalau Komisi III, saya kira kita selalu concern dengan hal itu,” pungkas Hinca Panjaitan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60