Hindari Pemilih Siluman, Geprindo Himbau Warga Jangan Golput

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Walaupun angka partisipasi warga Jakarta pada pilkada 2017 lebih meningkat dari tahun 2012 namun demikian masih sangat berpeluang meningkat pada putaran terakhir nanti (19 April 2017).

Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO) menilai GolPut merupakan celah terjadinya kecurangan dalam pilkada. Warga yang tidak menggunakan hak pilihnya rentan digunakan pihak-pihak yang ingin menciderai demokrasi sebagaimana terjadi pada putaran pertama.

Pada putaran pertama form C6 yang digunakan untuk DPTb melebihi kuota yang sudah ditentukan (2,5 persen dari DPT) karena mudahnya mendapatkan form tersebut. DPTb dan DPS (Daftar Pemilih Siluman) bersama-sama menggunakan tanda pengenal berupa KTP-El, KK, Suket untuk mendapatkan form C6 dan pada putaran terakhir nanti malah tanda pengenal apapun bisa digunakan.

“Indikasi penyalahgunaan tampak jelas ketika KPPS kehabisan form C6 padahal total form tersebut sudah ditentukan. Beberapa TPS memperbanyak sendiri form C6 karena kehabisan form tersebut,” ujar Presiden Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO), Bastian P. Simanjuntak.

Pada putaran terakhir (19/4/2017) nanti, katanya, modus yang sangat mungkin terjadi lagi. Dia berharap warga Jakarta dapat hadir untuk menghindari pemilih siluman dan ketidakhadiran berarti kita ikut membantu kecurangan tersebut.

Pihaknya juga mendesak KPUD beserta jajaran dibawahnya agar lebih pro-aktif mensosialisasikan tahapan dan proses pildaka putaran terakhir sehingga angka GOLPUT dapat diminimalisir.

Bastian menilai angka GOLPUT terbesar akan datang dari para pendukung paslon yang kalah pada putaran pertama, mereka yang trauma akan politik dan pemilih yang tidak tahu menahu mekanisme menjadi pemilih yang terdaftar.

Diharapkan warga Jakarta lebih aktif untuk melihat namanya dikelurahan, apakah terdaftar sebagai pemilih atau tidak. Bila tidak silahkan mengurusnya segera sehingga hak warga tidak dirugikan.

“Kunjungilah TPS-TPS dimana anda terdaftar karena pilihan kita akan menentukan masa depan anak cucu kita bukan hanya masa depan kita atau Jakarta,” imbuhnya. LN-AZA

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60