Hipmi Sharing Session:  Kolaborasi Konektifitas Jejaring Global Menuju UMKM Go Export

Gravatar Image
  • Whatsapp

Surabaya, LiraNews –  Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc menghadiri acara HIPMI Sharing Session: UMKM Go Export Inapro Expo ( Indonesian Product Expo) 2021 di Mall Grand City Surabaya.

Dalam acara ini juga turut hadir Ketua HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar Maming, Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, Direktur Kadin Institute Ibu Nurul, Kepala Export Center Surabaya, Tommy Kaihatu serta seluruh UMKM peserta INAPRO EXPO 2021.

Event INAPRO EXPO 2021 ini di gelar selama 4 hari, mulai tanggal 25-28 November 2021. Event ini sendiri sudah memasuki hari ke dua.

Dalam kesempatan ini Emil Dardak mencontohkan Export Center dari Kadin bekerjasama dengan Disperindag, Pemprov, bagaimana mendorong reseller- reseller yang ada di luar negeri mulai tertarik dengan produk-produk kita ( produk dalam negeri ).

“Ada cara milenial untuk mendorong ekspor, hal ini sangat penting, dengan penjualan melalui marketplace dan reseller. Karena kalau jaman dulu harus lewat distributor, kemudian distributornya menyalurkan ke toko-toko yang punya jaringan-jaringan,” ujar Emil Dardak.

Sekarang, lanjutnya, tidak sebesar itu. Sehingga banyak yang bisa mencoba, tinggal bagaimana kita mengaktivasi jejaring itu, membuka kesempatan siapa yang menjadi reseller produk-produk dengan jejaring global.

“Untuk produk-produk ekonomi kreatif agak lebih mudah dibandingkan dengan produk-produk makanan dan minuman yang perijinannya tidak gampang. Dalam prosesnya nanti kalau sudah jualan barangnya harus di siapkan, setiap order kirim harus ada semacam stok hal ini adalah suatu bentuk kolaborasi konektifitas,” tuturnya.

Acara HIPMI Sharing Sessions : UMKM GO ESPORT ini ditutup dengan closing statment dari Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto.

“Kunci sukses berjalannya suatu kolaborasi adalah nawaitunya harus dari hati. Semua yang dikerjakan dari hati akan terasa ringan. Karena seluruh indera kita akan bergerak secara otomatis,” ujarnya. LN-SAN

Related posts