HUT RI ke-75, LSM LIRA Luncurkan Satgas Penggiat P4GN Perangi Narkoba

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews –  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) menjadikan momentum peringatan HUT RI ke-75 untuk meluncurkan Satuan Tugas (Satgas) Penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) guna membantu pemerintah memberantas Narkoba.

Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal mengatakan, pembentukan Satgas Penggiat P4GNLIRA tersebut dilakukan secara serentak oleh pengurus LSM LIRA, baik di tingkat Pusat, Propinsi, Kabupaten Kota dan nantinya secara struktural hingga ke Desa.

Read More

banner 300250

“Karena peredaran gelap Narkoba saat ini sudah merambah hingga ke desa-desa,” ujar HM. Jusuf Rizal, Senin (17/8/2020).

HM. Jusuf Rizal yang juga Ketua Presidium Relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin, The President Center, pembentukan Satgas P4GN LIRA ini dilakukan tepat pada peringatan HUT ke-75 tahun RI dimaknai bahwa kemerdekaan kita masih memiliki banyak tantangan menuju Indonesia maju.

“Salah satu tantangan kita yang tampak di depan mata adalah maraknya penggunaan dan peredaran gelap narkoba. Kita semua harus bersatu melawan Narkoba. Kita harus “Merdeka Tanpa Narkoba”, tegas pria berdarah Madura-Batak itu.

Menurutnya, sebagaimana dikemukakan Presiden Jokowi, Indonesia darurat Narkoba. Karena itu butuh penanganan secara konprihensip yang melihatkan tidak hanya unsur pemerintah, tapi juga Civil Soviety Organization (CSO)/LSM/Ormas agar ikut menjadi penggiat turut ambil bagian melawan penggunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Presiden Jokowi, bulan Februari 2020 telah menerbitkan Inpres Nomor 2 Tahun 2020, yang menugaskan setiap Departemen, Kepolisian, TNI, Gubernur, Bupati, Walikota, Pengusaha, Deoartemen Dalam Negeri, dll dibawah Koordinasi Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melaksanakan program P4GN tahun 2020-2024

Dalam Inpres tersebut masyarakat turut dilibatkan dalam gerakan P4GN yang didanai oleh pemerintah melalui anggaran sesuai dengan program masing-masing instansi, termasuk pengusaha, Departemen, Gubernur, Bupati, Wakikota serta struktur terkait.

“Mengingat LSM LIRA telah memiliki jaringan di 34 Propinsi dan 479 Kabupaten Kota (meraih rekor MURI-red) tentu jaringan ini akan kami kembangkan untuk ikut memberantas Narkoba bekerja sama dengan instansi terkait dan BNN. Kita ingin Indonesia Bebas Narkoba,” tegas Jusuf Rizal yang telah mengikuti pelatihan P4GN dari BNN.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60