Ibu-Ibu Di Addis Ababa Ethiopia Ikuti Penghitungan Suara Dari Pagi Sampai Sore

LiraNews, Addis Ababa — Jumlah Ibu-ibu masyarakat Indonesia di Addis Ababa, Ethiopia lebih banyak meramaikan penghitungan suara Pemilu 2019 yang diselenggarakan di KBRI Addis Ababa, Rabu (17/4/2019). Mereka tekun mengikuti penghitungan suara mulai pagi sampai sore hari saat penghitungan suara selesai. Saat istirahat makan siang, mereka menikmati masakan Indonesia yang disediakan KBRI, yang memang jarang dinikmati masyarakat Indonesia di Addis Ababa.  

“Kenapa banyak ibu-ibu sementara bapak-bapak sedikit?. Karena bapak-bapak masyarakat Indonesia di Addis Ababa sibuk bekerja di tempat kerja masing-masing karena memang di Ethiopia hari ini bukan hari libur”, kata Al Busyra Basnur Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika yang bersama isterinya, Wenny, juga mengikuti proses penghitungan suara dari awal sampai akhir.

Hasil akhir penghitungan suara Pemilu 2019 di Addis Ababa, tercatat calon Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden Prof. Dr. (HC) Ma’ruf Amin meraih suara mayoritas 71,24 persen. Sementara Calon Presiden H. Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden H. Sandiaga Salahuddin Uno meraih suara 27.45 persen. Pemilu 2019 di Ethiopia dan Djibouti berjalan aman dan lancar.

Dari lebih 200 orang masyarakat Indonesia di Ethiopia dan Djibouti, terdaftar sebagai pemilih 153 orang. Pemungutan suara melalui kotak suara keliling di Djibouti dilakukan Jumat (12/4) dengan jumlah pemilih 5 orang. Sementara di Ethiopia di dua tempat. Pertama di kota Hawassa sekitar 280 km selatan kota Addis Ababa pada hari Sabtu (13/4) melalui kotak suara keliling dengan jumlah pemilih 105 orang. Kedua di Addis Ababa pada hari Minggu (14/4) melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI dengan jumlah pemilih 43 orang.

Pelaksanaan penghitungan suara di KBRI Addis Ababa juga disiarkan secara live, agar masyarakat dapat menyaksikannya secara langsung. Terutama bagi sekitar 150 masyarakat Indonesia yang bekerja di tiga perusahaan Indonesia di Hawassa Industrial Park. **

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *