Indonesia Lewati Puncak Gelombang Varian Omicron, Bamsoet: Gencarkan Vaksinasi Booster!

Jakarta, LiraNews – Pemerintah menyampaikan Indonesia telah melewati puncak gelombang Covid-19 varian Omicron, sehingga sejumlah kebijakan terkait penanganan pandemi diperlonggar.

Merespons hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah tidak lengah dan tetap mengikuti perkembangan Covid-19 dan variannya di samping tetap mengawasi penerapan protokol kesehatan yang ketat di tengah pelonggaran berbagai kebijakan penanganan pandemi.

Read More
banner 300250

“Di antaranya seperti dilonggarkannya aturan untuk jaga jarak di tempat-tempat umum maupun publik transportasi, pengurangan waktu karantina, hingga ditiadakannya persyaratan antigen ataupun tes PCR bagi pelaku perjalanan domestik, dikarenakan masih tingginya jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Rabu (9/3/2022).

Bamsoet meminta pemerintah bersama sejumlah pakar menentukan indikator-indikator penentu yang dapat dijadikan dasar bagi pelonggaran kebijakan penanganan Covid-19, dan melakukan evaluasi apakah pelonggaran kebijakan penanganan Covid tersebut dapat terus berlanjut secara bertahap atau tidak.

“MPR RI berharap agar pelonggaran-pelonggaran kebijakan yang mendukung peningkatan ekonomi dan pemulihan di berbagai sektor dapat terus dilakukan secara bertahap,” tutur Waketum Partai Golkar ini.

Bamsoet pun mendesak, pemerintah fokus menggencarkan program vaksinasi Covid di seluruh Indonesia agar mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Hal ini terutama untuk di daerah-daerah yang capaian vaksinasi Covid dosis pertama dan keduanya belum mencapai 70 persen,” jelas Ketua DPR RI ke-20 ini.

Bamsoet juga menghimbau pemerintah tetap mewaspadai dan mengupdate perkembangan virus corona ke World Health Organization/WHO.

“Hal ini agar dapat dilakukan langkah mitigasi dan pencegahan apabila ada varian baru virus corona, tidak sampai masuk ke Indonesia,” tegas Bamsoet.

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Jateng 7 ini mengingatkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan/Kemenkes, agar tetap mewaspadai dan mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid yang bergejala berat maupun sedang.

“Hal ini dapat diimplementasikan dengan mempersiapkan dan memperkuat sistem kesehatan di rumah sakit maupun di fasilitas-fasilitas kesehatan seperti pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas),” tuntas Bamsoet. LN-RON

Related posts