Ini Agenda Kebijakan Pembangunan Perbatasan 2020

  • Whatsapp
banner 468x60

Anambas, LiraNews – Deputi IV Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Rudiyanto memaparkan arah Kebijakan pembangunan di Kawasan Perbatasan Tahun 2020.

Hal itu disampaikannya saat mewakili Menko Polhukam yang bertindak selaku Ketua Pengarah BNPP pada acara Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, pada Senin (16/3/2020).

Read More

banner 300250

“Bahwa gerakan terpadu pembangunan perbatasan sudah dimulai sejak Tahun 2011. Dulu pembangunan perbatasan itu tidak sinergi, sendiri, K/L tidak sinergi, sehingga ada satu wacana bahwa pembangunan di perbatasan itu dipadukan menjadi satu. Sehingga gerakan ini bisa lebih konkret dan lebih jelas,” kata Rudiyanto.

Ia menjelaskan hak ini juga merupakan salah satu tujuan negara yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, di antaranya bahwa negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, bentuk wujud dari melindungi ini adalah satunya dalam melindungi teritorial.

Berikut arah kebijakan pembangunan di kawasan perbatasan 2020:

Pertama, membangun sumber daya manusia (SDM) masyarakat sebagai modal pembangunan.

Kedua, pelayanan dasar dengan kebutuhan geografis (kesejahteraan umum).

Ketiga, pengembangan ekonomi lokal dan perluasan produk-produk unggulan.

Keempat, pengembangan Pusat Kawasan Strategi Nasional (PKSN) dan meningkatkan tata kelola kelembagaan di kawasan perbatasan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60