Inilah 7 Kopi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis !

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto: Kopi Foto : Pixabay
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Menikmati secangkir kopi untuk memulai hari, selalu jadi ide yang baik untuk mengawali segala aktivitas.

Dikutip BeritaBatam, lebih dari sekedar komoditi populer sebagai bahan minuman, menikmati kopi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban masa kini.

Lihatlah kafe kafe yang tumbuh bak cendawan dimusim hujan. Semuanya berlomba memanjakan penikmat kopi. Tak bisa dipungkiri, apapun jenisnya kopi kini jadi komoditi primadona.

Varietas, pembibitan, proses tanam dan tentu saja citarasa menjadi identitas kopi yang menentukan kualitas yang akhirnya berimbas pada harganya.

Termasuk teknologi pengolahan kopi juga turut menjadi penentu dalam mendongrak kualitas komoditi ini.

Dari segelas kopi yang anda nikmati, tentu telah melalui proses panjang hingga tersaji dengan aroma khas dihadapan penikmatnya.

Harganya pun tak bisa dipandang sebelah mata, seperti deretan kopi yang menyandang sebagai kopi termahal di dunia, seperti dilansir dari laman therichest.com :

1. Kopi Mi Esperanza

Kopi dari Honduras ini dikenal dengan lightly fruited, caramel, dan tingkat keasamaan rendah yang pas untuk secangkir espresso. Salah satu kopi terbaiknya adalah mi esperanza yang dijual dengan harga US$ 35 atau sekitar Rp 460 ribu per 456,3 gram.

 

 

 

 

2. Kopi Los Planes

Berikutnya dari El Salvador. Kopi los planes dibudidayakan di wilayah pegunungan Chalatenango dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 di ajang Cup of Excellence pada 2006. Kopi los planes di bandrol dengan harga US$40 atau sekitar Rp533 ribu per 456,3 gram.

 

 

 

3. Kopi Blue Mountain

Yang satu ini dari Jamaika. Kopi blue mountain memiliki reputasi baik, tumbuh di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut.

Tentunya dengan curah hujan yang tinggi mempengaruhi pertumbuhannya ketika diproses. Kopi ini terkenal karena hampir tak memiliki rasa pahit. Kopi Blue Mountain dihargai US$49 atau sekitar Rp652 ribu per 453,6 gram.

 

 

 

4. Kopi Molokai

Kopi terbaik selanjutnya datang dari Hawaii.  Molokai yang ditanam di daerah Kualapu’u seluas 460 hektare. Harga kopi per 453,6 gramnya adalah US$51 atau setara dengan Rp679 ribu.

 

 

 

 

5. Kopi St. Helena

Seperti nama asalnya, kopi Saint Helena dijual dengan harga US$79 atau sekitar Rp1 juta. Spesialnya dari kopi ini adalah dibutuhkan waktu selama empat bulan untuk mengeringkan dan menjemur biji kopinya. Selain itu, kopi Saint Helena memiliki rasa yang menakjubkan dengan floral-fruity hints a la citrus dan caramel.

 

 

6. Kopi Luwak

Sempat bertahan sebagai kopi termahal di dunia, akhirnya kopi luwak harus puas menempati urutan kedua sebagai kopi termahal dunia.

Kopi khas Indonesia ini, terkenal karena proses pembuatannya yang tergolong unik. Biji kopi didapatkan melalui proses fermentasi di dalam tubuh Musang Luwak yang memang gemar makan buah kopi.

Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopi luwak dibandrol US$160 atau sekitar Rp2 juta per 453,6 gram.

7. Hacienda La Esmeralda

Inilah pemegang rekor kopi termahal di dunia. Kopi Hacienda la Esmeralda dengan harga US$350,25 atau seharga Rp4 jutaan pergram dalam pelelangan di Panama.

Kopi ini mendapatkan penghargaan tertinggi dalam pelelangan karena cukup susah menanam dan mengolahnya. Kamu harus mencoba kopi Hacienda la Esmeralda yang dikenal cukup langka dan rasanya kuat. LN-IDN

 

Thu Aug 8 , 2019
Batam, LiraNews – Bertempat di Ruang Rapat IT Center Gedung B, beberapa waktu lalu, BP Batam menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penilaian Risiko. Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja BP Batam, Memet E Rachmat mengatakan bahwa kegiatan ini […]