Inovasi Tiga Mahasiswa Ipb, Belajar Alquran Dengan Kartu Kuartet

  • Whatsapp
banner 468x60

Bogor, LiraNews.com – Tiga mahasiswa jurusan Ekonomi Islam di Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan sebuah metode pembelajaran baru untuk mempelajari kitab suci Alquran beserta tajwidnya dengan menggunakan media kartu.

Tiga mahasiswa asal Bogor bernama Shofiyah Azizah, Khusnul Halimah, dan Putri Indah Tresnawati melakukan inovasi metode pembelajaran itu dinamai Mim Nun Kwartet Card.

“Pemain akan mempelajari hukum tajwid dengan metode yang menyenangkan,” ujar Shofiyah seperti dilansir dari laman IPB, Sabtu (8/7/2017).

Dia menjelaskan, Alquran dan tajwid dapat dipelajari dengan sederhana menggunakan media khusus, permainan kartu kuartet.

Inovasi metode pembelajaran itu, kata Shofiyah, dinamai Mim Nun Kwartet Card. Permainan edukatif ini terdiri dari 36 kartu, bisa dimainkan oleh empat hingga lima anak.

Pemain akan mempelajari hukum tajwid dengan metode yang menyenangkan. Tujuannya, yakni memudahkan anak dalam mempelajari Alquran serta hukum tajwid.

“Selain itu, metode pembelajarannya juga dikemas menyenangkan dan tak membosankan,” terangnya.

Berkat inovasinya tersebut, tiga mahasiswa IPB ini berhasil memenangkan Kompetisi Rencana Bisnis di Festival Islam Indonesia, yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bukan hanya itu, mereka juga terpilih untuk ikut serta dalam ajang nasional Business Plan Competition at the Indonesian Islamic Festival yang diikuti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. LN-RTN

banner 300x250

Related posts

banner 468x60