Jadi Anggota Dewan Pers, IRSI Harus Punya Anggota 500 Reporter

Jakarta, LiraNews —- Dewan Pers menyatakan, jika IRSI (Ikatan Reporter Seluruh Indonesia) mau menjadi anggota Dewan Pers, IRSI harus memiliki keanggotaan Reporter aktif yang dibuktikan melalui hasil tulisannya sebanyak 500 orang reporter diseluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Djauhar, Ketua Bidang Penelitian pendataan dan ratifikasi perusahaan pers, Dewan Pers di Jakarta saat berbincang dengan Pembina IRSI, HM. Jusuf Rizal di Dewan Pers Jakarta. Ketentuan tersebut berlaku untuk organisasi Reporter. Sedang untuk organisasi perkumpulan harus memiliki minimal 200 perusahaan anggota dan memiliki cabang di 20 Propinsi.

Terkait hal tersebut selaku Dewan Pembina Utama IRSI, Jusuf Rizal segera menugaskan Ketua Umum IRSI, Arse Pane untuk bergerak melakukan konsolidasi disetiap Propinsi dan Kabupaten Kota agar mereka yang menjadi reporter/jurnalis dapat bergabung di IRSI.

IRSI merupakan wadah bagi para reporter yang bertujuan membina, melindungi dan Mensejahterakan para reporter. Melakukan peningkatan kompetensi dan sertifikasi serta memberikan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri bagi para awak media untuk jaminan masa tua dan bantuan hukum.

Menurut catatan redaksi IRSI (Ikatan Reporter Seluruh Indonesia) didirikan dan digagas oleh HM. Jusuf Rizal. Pemilihan kata reporter akan dapat mewadahi pekerja media, baik cetak, radio, televisi, online, penyiar dll secara lebih luas. Tidak terkotak-kotak sehingga keberadaannya di daerah dirasakan manfaatnya. LN-TIM