Jamiluddin Ritonga: Menkes Terawan Layak Di Reshuffle

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memang tidak sigap dalam menjelaskan persoalan Covid-19 sejak awal. Padahal beliau yang paling bertanggung jawab terkait Covid-19.

Demikian diungkapkan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menyikapi ketidakhadiran Menkes di acara talkshow Najwa Shihab, Senin (28/9/2020).

Read More

banner 300250

Idealnya, lanjut Jamiluddin, sebagai Menkes, Terawan harus pro aktif menginformasikan persoalan yang muncul terkait Covid-19 dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat Indonesia.

“Namun, Menteri satu ini tampaknya sangat lemah dalam berkomunikasi,” kata Penulis Buku Riset Kehumasan ini.

Menurut Jamiluddin, kesempatan yang diberikan Najwa Shihab justru diabaikan.

“Padahal momen itu sebagai kesempatan untuk menjelaskan atau mengklarifikasi isu-isu yang terkait Covid-19 jadi hilang begitu saja,” tegas Dosen Metodologi Penelitian Komunikasi ini.

Karena itu, saran Jamiluddin, sebaiknya Menkes diganti saja.

“Sebab, yang bersangkutan tidak cukup mumpuni untuk mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

“Sebagai menteri, beliau justru menjadi beban bagi Presiden, bukan sosok pemberi solusi untuk meringankan beban Presiden,” pungkas Evaluator Harian Umum Suara Pembaruan ini.

Sebelumnya seperti dikutip Pojoksatu.id Menkes Terawan Agus Putranto menjadi bulan-bulanan publik setelah tak hadir dalam acara talkshow Mata Najwa.

Hal itu ditambah dengan berbagai pendapat masyarakat yang menilai mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu tak becus dan tak serius menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Mata Najwa sendiri hendak mengonfirmasi terkait perkembangan penanganan Covid-19 selama ini.

Tapi sayangnya, Terawan malah tak hadir. Hal itu membuat Najwa Shihab akhirnya mewawancara kursi kosong yang semestinya ditempatinya.

Lalu, apa jawaban Menkes Terawan terkait hal itu?

“Tunggu tanggal mainnya ya,” ujar Menkes lewat pesan singkatnya kepada RMOL, Selasa (29/9/2020).

Terkait hujatan publik kepada dirinya, Terawan yakin Tuhan akan memberikan pertolongan kepada dirinya.

“Tuhan yang menjagai,” lanjutnya.

Terlepas dari masalah ini, Menkes Terawan meminta kepada publik untuk terus berdoa agar Tuhan memberi pertolongan bagi Indonesia.

“Berdoa. Tuhan akan menolong bangsa dan negara Indonesia,” tandasnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60