Jelang Deklarasi, Jalin Silaturahmi Komunitas Jurnalis Dan Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Sumut, LiraNews – Secara global, jurnalisme telah berkembang dari waktu ke waktu, sejalan dengan perubahan berbagai aspek dalam masyarakat, seperti sosial, budaya, politik, agama, ekonomi, termasuk teknologi komunikasi.

Dinamika Jurnalis telah terjadi sejak praktik jurnalisme itu terjadi, sejak praktik jurnalisme masih berlangsung dengan cara-cara yang sangat sederhana sebagai cara penyampaian informasi yang dinilai penting bagi masyarakat.

Seiring dengan dinamika masyarakat,
praktik jurnalis tidak cukup sekedar
menyampaikan kabar-kabar penting pada masyarakat dan beberapa pelajaran berharga menunjukkan bahwa praktik jurnalistik sebagai sebuah spirit atau pendekatan.

Tidak hanya berbicara tentang lingkungan hidup secara langsung, akan tetapi Jurnalisme berorientasi pada lingkungan yang dapat membahas berbagai topik dari perspektif keseimbangan lingkungan hidup.

Untuk menyatukan visi dan misi antara Jurnalis dan Masyarakat Indonesia, maka perlunya satu wadah antara Jurnalis dan masyarakat, yakni Komunitas Jurnalis Dan Masyarakat (KJM).

Bertempat di Land Coffee Jalan Beringin Raya Kecamatan Medan Helvetia, Medan Sumatera Utara, Komunitas Jurnalis dan Masyarakat menggelar silaturahmi antar beberapa pembina, penasehat dan pengurus yang tergabung dalam KJM.

Dalam silaturahmi ini, juga membicarakan persiapan pelaksanaan deklarasi dan pembahasan program kerja kedepan Komunitas Jurnalis dan Masyarakat.

Juaini Baharuddin, MA., selaku tokoh agama sekaligus salah satu penasehat di Komunitas Jurnalis dan Masyarakat, dalam arahannya menyampaikan bahwa dengan adanya perpaduan Komunitas antara Jurnalis dan Masyarakat adalah sesuatu hal yang positif.

Menurutnya, dengan adanya wadah KJM masyarakat dapat mengadukan permasalahan yang dihadapi untuk selanjutnya akan diperjuangkan dan dicarikan solusi terbaik oleh Komunitas Jurnalis dan Masyarakat.

“Dalam artian, KJM bukan melawan kebijakan pemerintah, melainkan dengan adanya KJM akan ikut berpartisipasi dalam mengawal setiap kebijakan pemerintah agar kebijakan yang diambil pemerintah pro terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Juani.

Sementara Abink selaku salah satu penasehat di KJM, mengatakan dirinya mendukung adanya wadah KJM sebagai mempererat silaturahmi dan sinergitas antara Jurnalis dan Masyarakat Indonesia.

Ia berharap dengan adanya KJM akan membawa dampak yang positif terhadap perkembangan Jurnalis dan Masyarakat di Indonesia.

“Saya berharap dengan adanya KJM dapat meningkatkan kesejahteraan insan Jurnalis dan seluruh elemen masyarakat di Republik Indonesia yang meliputi kesejahteraan sosial, kesejahteraan pendidikan, kesejahteraan ekonomi, kesejahteraan keadilan dan kesejahteraan kemanusiaan,” tuturnya.

Selain itu, salah satu pembina Komunitas Jurnalis dan Masyarakat, Bernard Marpaung membeberkan hadirnya KJM bisa sebagai wadah untuk para Jurnalis dan Masyarakat di seluruh Indonesia, komunitas ini tidak memandang label apapun.

“Dengan adanya KJM setidaknya mampu mendorong para Jurnalis dan Masyarakat untuk berkreasi, berkarya, dan menjadikan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang aktif serta produktif baik dalam segala bidang,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sayid Muhammad Anuar Sadat Alidrus yang juga sebagai penasehat KJM, juga berharap KJM mampu menyatukan segala potensi masyarakat baik berupa sumber daya manusia, kemampuan intelektual dan potensi lainnya secara bersinergi.

“KJM ini wadah yang positif untuk sinergitas antara Jurnalis dan Masyarakat di seluruh Indonesia. Disini perlunya saling melengkapi dan bahu membahu dalam melaksanakan program dan kegiatan KJM,” ungkap Sayid.

Di kesempatan yang sama, ketua Komunitas Jurnalis dan Masyarakat (KJM), Ridwan Fahlevi mengucapkan terima kasih kepada pembina, penasehat dan pengurus serta semua pihak yang mendukung pembentukan struktur dan persiapan deklarasi Komunitas Jurnalis dan Masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung hadirnya Komunitas Jurnalis dan Masyarakat,” ucap Ridwan saat dikonfirmasi kru Lira News pada Senin, (21/01/2020).

Dikatakannya, hadirnya KJM berupaya meningkatkan kecerdasan pengetahuan masyarakat tentang berbagai kebijakan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta Sumber Daya Manusia (SDM) melalui usaha-usaha yang teratur, terencana dan berkesinambungan.

“Kedepannya setelah deklarasi, Komunitas Jurnalis dan Masyarakat akan segera melaksanakan program kerja dan kegiatan-kegiatan, diantaranya pengembangan ekonomi (economic development) dan pengembangan masyarakat (social development) melalui pendidikan, pelatihan, menjaga kelestarian alam dan lingkungan, seminar, penelitian, konsultasi dan kontrol sosial (social control) dan upaya lainnya demi terwujudnya jurnalis dan masyarakat yang madani,” jelas Ridwan.

Untuk itu, lanjut kata Ridwan, KJM akan terus meningkatkan sinergitas ke seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

“Jelang deklarasi KJM, kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak. Kedepannya kemungkinan besar Komunitas Jurnalis dan Masyarakat juga akan membentuk Sahabat KJM di seluruh wilayah Indonesia,” demikian diungkapkan Ridwan. LN-WIN

banner 300x250

Related posts

banner 468x60