Jeritan Hati Pemilik UKM Pasar Malam, Akibat Covid-19

Pekanbaru, LiraNews – Pandemi Covid-19 ini memiliki dampak besar dalam keberlangsungan usaha kecil menengah (UKM), termasuk yang dialami oleh Nyimas Dalila Utama Owner usaha yang bergerak di “Aneka Taman Hiburan Anak-Anak dan Dewasa” Pandawa 2.

Berdasarkan hasil survey sebanyak 96 Persen pelaku usaha UKM khususnya bazar dan hiburan malam keliling seperti pasar malam dan hiburan hiburan kecil saat ini mengalami dampak negatif Covid-19.

Read More
banner 300250

“Termasuk usaha kami diantaranya mengalami dampak langsung sudah 5 Bulan jalan 6 Bulan ini kami lumpuh Total. Tidak bisa menghidupi diri sendiri lagi untuk kedepannya, apabila kami masih tidak diizinkan beroperasi seperti biasa karena tidak adanya solusi bagi usaha kami supaya bisa berjalan kembali,” ujar Nyimas.

Nyimas juga menjelaskan usaha ini menaungi kurang lebih 150 orang karyawan dari 3 unit pasar malam yang dia pimpin. Sebagian karyawan terpaksa dirumahkan karena usaha tidak bisa berjalan tanpa adanya kejelasan kapan aktif kembali.

Selama ini dia membiayai makan kurang lebih 90 Orang, sekarang sudah tidak ada daya lagi karena sudah tidak ada penghasilan yang akan dia berikan dan selama dua (2) bulan terakhir ini dia sudah berusaha kesana kemari memohon agar dapat izin untuk membuka pasar malam.

“Namun tidak ada solusi atau petunjuk arah agar kami bisa menyambung hidup walaupun dengan syarat mengikuti protokol Kesehatan yang ketat,” terangnya.

Nyimas sebagai pimpinan pasar malam yang ada di Riau memohon untuk mendapatkan izin agar usahanya bisa aktif kembali untuk kebutuhan hidup seluruh karyawan dan keluarga mereka. Dia juga memohon petunjuk dan kebijaksanaan kepada Gugus Tugas Covid-19 atas situasi yang dialami dimasa pandemi wabah Covid -9.

“Kami juga memohon diberlakukan hal yang sama usaha malam ini bisa beroperasi kembali seperti Mall dan Pasar Tradisional dan usaha yang sama yang sudah beroperasi kembali,” pungkas Nyimas. LN-BOMA

Related posts