Jokowi Buka Peluang Relawan Kirim Nama Calon Menteri

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sangat terbuka terkait nama-nama calon menteri pada Kabinet Indonesia Kerja (KIK) Jilid II.

“Beliau terbuka untuk menerima usulan calon menteri dari semua kelompok pendukungnya, tidak hanya parpol,” ujarnya kepada media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hal senada dikatakan mantan Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy, bahwa Jokowi menawarkan kepada struktur TKN untuk mengajukan curriculum vitae (CV) untuk mengisi pos cabinet.

“Pak Jokowi menyampaikan banyak hal, salah satunya jangan jadikan pertemuan ini sebagai akhir, tapi harus terus ada silaturahim. Pak Jokowi juga mempersilakan yang mau setor CV (kabinet) silakan,” tutur Lukman Edy.

Menurutnya, tawaran Jokowi tersebut tidak ditujukan kepada partai politik, tapi kepada siapa pun dari seluru struktural TKN yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Meski TKN sudah resmi dibubarkan,  jelas Ketua DPP PKB ini, ada sejumlah poin yang disampaikan Jokowi antara lain hubungan kerja sama yang telah dibangun hampir setahun terakhir agar terus dilanjutkan.

Saat menawarkan tawaran tersebut, Jokowi menekankan hal terpenting bagi yang ingin mengajukan CV kabinet yaitu harus mempunyai kriteria yang mumpuni dan berani.

Jokowi, kata Lukman, meminta struktural TKN yang hadir untuk terus memberikan masukan kepada pemerintah, tetap membantu selama lima tahun ke depan, meskipun TKN sudah resmi dibubarkan.

“Beliau tidak menyebutkan partai. Siapa saja yang mempunyai kriteria, kapasitas, bergerak cepat, silakan dicantumkan dalam CV,” katanya.

Terkait pembahasan soal portofolio menteri, Lukman menegaskan, Jokowi tidak menyinggung sama sekali. Karena menurutnya, blum diformulasikan.

Setelah pembubaran TKN, para sekjen parpol koalisi masih akan merumuskan mekanisme pertemuan dan komunikasi yang akan dilakukan, setidaknya sampai Oktober mendatang.

“Ada pertemuan terbatas para sekjen, mungkin membahas mekanisme mengawal sampai Oktober. TKN kan sudah habis, nanti dibuat apa mekanismenya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Presidium Rumah Relawan Nusantara (RRN) The President Center Proja (Pro Jokowi Amin) sekaligus Ketua Relawan Pekerja Buruh KSPSI, HM. Jusuf Rizal menyambut baik sikap Presiden Terpilih 2019-2024, Jokowi yang membuka peluang bagi masyarakat, Parpol dan Relawan untuk mengajukan usulan yang dianggap mumpuni, punya kapasitas dan kapabilitas.

 

“Saya rasa itu hal positif. Karena semakin banyak referensi figur-figur akan memudahkan Jokowi-Amin memilih Kabinet yang berkualitas dan bisa bekerja. Siapapun yang akan dipilih, itu hak preoregatif Jokowi. Beliau tentu dengan timnya dapat melihat track record masing-masing figur yang diusulkan,” tegas pria yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu.LN-HSN

 

 

Sun Jul 28 , 2019
Yogyakarta, LiraNews —- Ikatan Reporter Seluruh Indonesia (IRSI) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera dibentuk. IRSI diharapkan akan mewadahi para Reporter Multi Media agar dapat Membina, Melindungi dan Mensejahterakan pekerja industri multimedia. Demikian dikemukakan Penggagas dan Pendiri IRSI, HM. Jusuf Rizal kepada Reporter Liranews.com Yogyakarta melalui telewicara di Jakarta. […]