Kab. Simalungun Dilanda Longsor, Bupati LSM LIRA: Lingkungan Hidup Makin Buruk

  • Whatsapp
banner 468x60

Simalungun, LiraNews – Bupati LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Simalungun Hotman Petrus Simbolon mengatakan, kondisi lingkungan hidup bertambah hari semakin buruk.

Hal itu bisa dibuktikan dengan munculnya 4 titik longsor di sepanjang jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Raya-Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun.

Read More

banner 300250

“Fenomena tersebut menunjukkan bahwa kondisi lingkungan hidup semakin buruk,” ujar Hotman di Pamatangraya, Senin (3/8/2020).

Menurut dia, longsor bukan hanya melanda jalan penghubung Raya-Raya Kahean. Hal serupa juga terjadi di lintasan Pematangsiantar-Pamatangraya.

“Kuat dugaan, munculnya longsor akibat penebangan-penebangan pohon. Alih fungsi kawasan hutan juga berpotensi memperburuk lingkungan,” urai Hotman.

Persoalan lingkungan hidup dipandang sudah sangat mendesak untuk segera ditanggulangi.

Hotman meminta pemerintah memberikan atensi serius untuk membenahi lingkungan. Misalnya, melakukan reboisasi terhadap hutan yang sudah rusak atau dialihfungsikan.

“Masyarakat juga patut berperan aktif menjaga dan merawat kelestarian lingkungan guna menghindari munculnya bencana,” pinta Hotman. LN-IB

banner 300x250

Related posts

banner 468x60