Kapal Tanto Ceria Terbakar di Pelabuhan Maspion

Surabaya, LiraNews – Kapal milik PT Tanto Intim Lines berbendera Indonesia dengan nama Tanto Ceria terbakar di depan dermaga Maspion, Gresik, Selasa (26/11/2019) pagi. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah.

“Hari ini. Depan Maspion,” ungkap sumber dekat saat mengonfirmasi kejadian terbakarnya kapal buatan tahun 1989 tersebut.

Sementara, informasi yang dihimpun, terbakarnya kapal yang terdaftar di International Maritime Organization (IMO) dengan nomor 8910328 tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 Wib. Api yang belum diketahui sumber percikannya itu berkobar hebat di bagian atas kapal kargo berbobot 3.461 Gross Tonnage (GT) tersebut. Berdasar sumber di lapangan, jilatan apu diketahui melahap habis di ruang kemudi/nakhoda.

“Tapi, api sudah berhasil dipadamkan dalam waktu yang tidak lama dari kejadian kebakaran itu,” tukas Ketua DPC Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Surabaya, Stenvens H Lesawengen dikonfirmasi via ponselnya, Selasa (26/11/2019).

Ia mengaku, tidak tahu persis waktu terjadinya kebakaran tersebut. Namun, Stenvens memastikan, api yang menyalak besar itu tidak mengakibatkan jatuhnya korban. “Syukurlah… semua baik-baik saja. Seluruh kru dalam kondisi baik dan tidak ada korban jiwa maupun luka,” jelas Stenvens sembari berucap terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam proses pemadaman api. “Saya nggak bisa sebut satu per satu, yang pasti terima kasih banyak,” sambungnya.

Ditanya kerugian akibat kepungan si jago merah? Stenvens mengaku, belum mengetahui secara pasti dari kalkulasi kerugian akibat kebakaran tersebut. Ia hanya menjelaskan, tim dari perusahaan pelayaran PT Tanto Intim Lines masih menginventarisir aset pasca peristiwa kebakaran yang menyebabkan kepulan asap menghitam pekat tersebut. “ kemungkin mencapai ratusan juta Rupiah. Tapi itu belum kami hitung keseluruhannya,” ujarnya. Reporter: Alamuddin

Related posts