Kebun Duren Dan Lada Di Gunung Bhering Gundeng Bawean Menjadi Wisata Tani

Gravatar Image
  • Whatsapp

Bawean, Lira news -Pulau terpencil di kabupaten Gresik banyak di kenal oleh masarakat dari luar pulau seperti daratan pulau Jawa maupun dari manca negara seperti Malaysia, Singapore dan Brunei.

Orang yang pernah mendatangi pulau wisata tersebut pasti mendapat kesan yang tidak bisa di lupakan dengan ke indahan alamnya  ,yang di maksud pulau tersebut adalah Bawean.

Mujib asal dari dusun menara desa teguh menyampaikan ke pada awak media lira news bersyukur apabia Bawean sering dikunjungi dari daratan Pulau Jawa.

“Kami masarakat Dusun Menara semua bekerja menjadi petani, dan kami punya niatan dan cita cita ,  hususnya desa gunung teguh insaalah desa kami akan di jadikan wisata Tani, seperti perkebunan Duren dan lada,” jelasnya, Kamis (19/5/2022).

Masih dari Mujib, mereka mempunyai lahan kebun di gunung  Bhering gundeng  sekitar tiga hektar dulunya lahan tersebut semak belukar seperti hutan belantara. Alhamdulillah  dengan perjalanan waktu lahan tersebut sudah kami Babat dan di bersihkan di jadikan kebun duren, dari rumah mereka menuju ke kebun sekitar 4kilo.

“Dulunya jalan tersebut susah untuk menuju ke tempat perkebunan,  Alhamdulillah kami dan para warga bergotong royong dengan swadaya masarakat , sedikit demi sedikit warga membuat jalan setapak menuju ke lahan gunung Bhering gundeng tersebut, meskipun jalannya naik gunung turun gunung tidak membuat patah semangat untuk membuat jln  ke tempat perkebunan warga yang ada di sana,” tandasnya.

Dia berharap kepada pemerintahan desa maupun kabupaten ,perhatiannya atau bantuannya ,atas sulitnya akses jalan yang menuju ke perkebunan kami di gunung Bhering Gundeng. “Dan juga untuk mempermudah bagi calon pengunjung ke tempat kebun kami, seperti di bangunnya Rabat beton ,agar wisata tani kami bisa di kunjungi setiap saat dan menjadi percontohan bagi desa yang lain,” imbuhnya.

Salah satu pengunjung ke wisata tani H. Samsul mengatakan, perkebunan Duren dan lada yang berada di gunung Bhering gundeng yang terletak tengah tengah pulau Bawean sangat bagus dan indah. Hampir setiap hari libur ke tempat itu.

“Di tempat itu juga di sediakan  tempat seperti home stay untuk pengunjung yang ingin bermalam di tempat itu, sepertinya tempat itu sangat layak kalau di jadikan wisata tani , hanya karna sebagian akses jalan menuju ke kebun masih belum di Rabat,” terangnya.

Usaha masyarakat yang memiliki kebun di gunung Bhering gundeng semangatnya sangat luar biasa gunung awalnya semak belukar sekarang manjadi indah dan pempesona, dengan adanya sekitar 3000 pohon duren dan lada, juga sangat bermanfaat dan bisa mengangkat perekonomian bagi mereka.

“Silahkan apa bila ada calon pengunjung yang ingin mengetahui perkebunan Duren yang ada di pulau Bawean  di sana,  juga di sediakan antar jemput menggunakan jasa sepeda motor tarifnya juga sangat relatif murah cuma 50 ribu untuk pulang pergi, kami siap membantu untuk memfasilitasi transport untuk menuju ke tempat itu , bisa menghubungi WA kami  di no  08213219837,” jelasnya.

Di tempat kebun duren dan lada tersebut setiap 500 pohon di tangani oleh satu orang agar supaya kebun tetap terjaga dan subur pekerja didatangkan dari Lampung.

“Sekali lagi kami mohon perhatian kepada pemerintah untuk akses jalan menuju ke kebun duren dan lada,” ungkap pemilik kebun Mujib. LN-SAN

Related posts