Kemendagri Jadi Garda Terdepan Dukung Gerakan Perpusnas

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Sebagai upaya dalam mendukung peningkatan kualitas SDM, Kemendagri akan terus memastikan menjadi garda terdepan dalam mendukung gerakan Perpusnas yang tercermin dalam beberapa hal, seperti dikeluarkannya Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020.

Hal ini dikatakan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar saat membuka Final Lomba Perpustakaan Nasional di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (14/04/2019).

“Saya pastikan Kemendagri selalu menjadi garda terdepan untuk mendukung gerakan Perpusnas. Beberapa hal kita lakukan dan mulai tahun ini, kawan-kawan Pemda bisa mengecek Permendagri Nomor 33 Tahun 2019, itu sudah terprogram dan teranggarkan seluruh daerah dalam hal urusan wajib pelayanan non dasar,” ujar Bahtiar.

Bahtiar menyampaikan, Perpustakaan dapat membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu juga selaras dengan tema dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 yakni ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’.

Menurutnya, peningkatan kualitas tersebut, bahkan telah jauh dilakukan Perpustakaan Nasional.

“Apa yang kita bicarakan hari ini dan tema HUT RI ke-74 adalah SDM Unggul Indonesia Maju, serta apa yang kita bicarakan selama ini untuk peningkatan SDM Indonesia yang berkualitas itu semuanya sudah dilakukan Perpustakaan Nasional (Perpusnas),” katanya.

Perpusnas, lanjut dia, sebagai lembaga nasional yang menggawangi seluruh perpustakaan di Indonesia, memiliki lompatan baru dalam hal kelembagaan dan tata kelola, sehingga diharapkan dapat menjadi contoh bagi lembaga lainnya.

“Saya jujur ya, salut dan bangga di jajaran Perpustakaan di Pusat maupun Daerah, saya kira Perpustakaan mengalami lompatan baru dalam sejarah kelembagaan dan tata kelola, ini contoh unit kerja yang mampu melakukan perubahan yang luar biasa dalam tempo sesingkat-singkatnya,” imbuh Bahtiar. LN-AZA

Thu Aug 15 , 2019
Jakarta, LiraNews — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/2019) sore. Selain Presiden, tampak hadir dikesempatan itu, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ibu Negara Iriana, dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso. Ada juga sejumlah menteri kabinet kerja seperti Menteri […]