Ketua HPN 2020: Adinegoro Award Cara PWI Hargai Wartawan

  • Whatsapp
banner 468x60

Banjarmasin, LiraNews – TVRI Kalimantan Selatan melaksanakan diskusi Hari Pers Nasional 2020 di studio TVRI Kalsel, Kamis (6/2/2020).

Dialog bertajuk Banua Bicara Hari Pers Nasional ini dihadiri oleh Ketua Panitia HPN 2020 Auri Jaya, Ketua Panitia Tetap Karya Jurnalistik Rita Sri Hastuti, serta beberapa pemenang Adinegoro Award.

Auri Jaya menjelaskan Adinegoro Award merupakan kegiatan rutin yang dilakukan menjelang hari puncak perayaan HPN 2020. Penghargaan ini terus dipertahankan dari tahun ke tahun sebagai cara PWI untuk menghargai para wartawan dan mengingatkan tujuan profesi.

“Ini yang sampai hari ini menjadi bagian dari pekerjaan utama kami (PWI) untuk mengingatkan kepada teman-teman hakikat dari tugas wartawan untuk mencerahkan masyarakat dan menjaga martabat profesi,” katanya.

Auri melanjutkan Adinegoro Award diharapkan menginspirasi wartawan di Indonesia seperti pengabdian wartawan bernama bernama Djamaluddin.

“Penyematan nama Adinegoro dianggap sebagai bentuk penghargaan kepada Adinegoro sebagai tokoh pers Indonesia. Adinegoro adalah nama samaran pengarang Djamaluddin yang lahir di Sumatra Barat,” jelasnya.

Rita Sri Hastuti sendiri mengatakan Adinegoro adalah orang Indonesia pertama yang menempuh kuliah jurnalistik di Jerman pada tahun 1926. Sosok multitalenta yang peduli pada bangsanya.

“Penghargaan ini kami harapkan menginspirasi wartawan Indonesia semakin peduli pada nasib anak bangsa untuk memperbaiki mutu SDM, dan mencerahkan seperti yang Djamaluddin yang berpendidikan tinggi dengan kemampuan multitalenta, selain sastrawan dia juga wartawan kita harus berpikir untuk mengoreksi dan memperbaiki sesuatu demi bangsa,” ujarnya. LN-RED

banner 300x250

Related posts

banner 468x60