Ketua Kpu Siantar Secepatnya Koordinasikan Soal Pilkada

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Liranews, siantar –  Terkait surat Pemko Pematangsiantar ke KPU setempat tentang pelaksanaan Pilkada Pematangsiantar digelar tahun 2024, KPU Siantar akan kembali koordinasi ke KPU Sumut.

Ketua KPU Siantar Daniel Dolok Sibarani menerangkan, sebelumnya pihaknya menerima surat dari KPU RI terkait pelaksanaan Pilkada Serentak yang digelar pada tahun 2020. Dalam surat KPU RI tersebut, Kota Pematangsiantar termasuk salah satu daerah yang ikut dalam Pilkada Tahun 2020.

Atas surat KPU RI tersebut, KPU Siantar membahas terkait kebutuhan anggaran untuk Pilkada 2020. Dari hasil rapat internal KPU Siantar, diperkirakan anggaran untuk Pilkada sebesar Rp21 miliar.

“Lalu, KPU Siantar mengirimkan surat ke Pemko agar kebutuhan Pilkada dapat dianggarkan Pemko Pematangsiantar,” ujar Daniel.

Lalu, pada tanggal 28 Juni 2019 lalu, Pemko membalas surat KPU Siantar yang intinya, Pemko Siantar tidak bisa menyediakan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Kota Pematangsiantar tahun 2020.

Alasannya, Pemko Pematangsiantar mendapat surat dari Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 10 April 2019 perihal penjelasan yang isinya menyatakan bahwa Pelaksanaan Pemilihan Walikota Pematangsiantar akan direncanakan secara serentak Nasional pada tahun 2024.

Atas surat tersebut, pengajuan anggaran penyelenggaraan Pemilihan walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar belum dapat dialokasikan pada APBD Kota Pematangsiantar tahun 2020.

Surat yang diteken Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus ini kemudian dibahas oleh KPU Siantar. “Kita berterimakasih surat kita telah dibalas,” kata Daniel Sibarani.

Pelaksanaan Pilkada Serentak ini kan gawean nasional. Sehingga tahapan dan aturan muaranya dari KPU RI. Soal surat Pemko Siantar tentu kita bahas dan kita koordinasikan lagi ke KPU Sumut dan KPU RI, kata Daniel.

Pada prinsipnya KPU Siantar hanya sebagai pelaksana atas apa yang diinstruksikan oleh KPU RI.  LN-HS

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Tue Jul 2 , 2019
LiraNews.Com