Khilmi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berkontribusi Bagi Kemajuan Indonesia

GRESIK – Kehadiran KCJB (Kereta Cepat Jakarta – Bandung) diharapkan mampu menjadi pemicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru, serta memiliki potensi untuk dikembangkan diberbagai wilayah di Indonesia.

“Kereta cepat ini menjadi tonggak era kemajuan bangsa dalam bidang transportasi massal yang modern, cepat, andal dan nyaman, sehingga konektivitas antar kota akan lebih baik lagi,sekaligus menjadi kontribusi bagi kemajuan bangsa ” jelasnya, dalam Seminar “Kereta Cepat Untuk Indonesia Maju,” di Restoran Cemara, Gresik/26/1/2023.

Read More
banner 300250

Khilmi mengapresiasi progres pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, yang dimulai sejak tahun 2018 dan saat ini segera rampung dan direncanakan beroperasi pada bulan Juni 2023. Kereta cepat akan mendorong kemajuan bangsa.

Menurut M. Nasir, Tenaga Ahli, Anggota Komisi VI, kereta cepat ini dibangun oleh High Speed Railway Conctractor Consortium yang terdiri dari 7 perusahaan terkemuka dari Indonesia dan Tiongkok dan memiliki pengalaman dalam mengerjakan proyek infrastruktur global. Hingga saat ini progres konstruksi pembangunan KCJB sudah mencapai 91,7 %.

Dengan adanya Kereta Cepat ini maka waktu yang dibutuhkan untuk bepergian dari Jakarta ke Bandung hanya 1 jam saja. Nantinya pengguna kereta bisa naik dari stasiun LRT Dukuh Atas menuju ke Stasiun LRT Jabodebek Halim, selama 20 menit. Lalu naik KCJB Halim ke Padalarang dengan waktu tempuh 30 menit, dari Padalarang akan nada feeder menuju kota Bandung selama 18 menit.

“Waktu tempuh 1 jam ini sangat efektif, karena sekarang ini rata-rata Jakarta Bandung dengan menggunakan moda angkutan lain sekitar 3 – 4 jam,” jelas M. Nasir.

KCJB tak hanya membangun untuk transportasi saja, namun juga turut berkontribusi dalam meningkatkan daya saing nasional dengan menciptakan konektivitas unggulan antar kota yang dipadukan dengan pengembangan transportasi terintegrasi yang berkelanjutan.

Keberhasilan KCJB mewujudkan mimpi Indonesia memiliki kereta api cepat niscaya membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda kita untuk mendorong dunia pendidikan dan industri transportasi massal untuk mendalami dan menguasai teknologi kereta api cepat dalam membangun masa depan infrastruktur modern tanah air.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *