Kisah ”Sundel Bolong” Hanya Mitos Di Film

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE,SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP *)

Malang, LiraNews – Sundel Bolong berasal dari kata ‘sundal’ yang berarti kelakuan buruk, wanita jalang, atau pelacur; dan ‘bolong’ yang berarti ‘lubang tembus’. Hal tersebut berhubungan dengan sosoknya yang dipercaya memiliki masa lalu sebagai seorang perempuan ‘nakal’ yang kemudian menjadi objek perkosaan.

“Sundal” umumnya merujuk pada “wanita jalang” atau “pelacur”, dan “bolong” adalah bahasa Jawa yang berfaedah “berlubang tembus” yang merujuk pada penggambaran hantu sundel bolong yang mempunyai lubang di ronde punggungnya yang terlihat tembus ke depan.

Sundel Bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang dan bergaun panjang berwarna putih yang memiliki lubang besar di punggungnya. Konon, hantu Sundel Bolong mati karena diperkosa, lalu melahirkan anak di dalam kubur.

Yang paling mencolok perbedaan adalah masalah lubang. Sundel Bolong, seperti namanya memiliki lubang pada bagian belakangnya hingga terlihat organ-organ dalam perutnya sampai tembus ke depan. Sedangkan Kuntilanak, disebutkan tidak terlihat memiliki lubang di bagian perut depan juga belakang.

Dikisah Kan Dalam Film

Legenda Sundel Bolong mengisahkan mengenai seorang penari ronggeng, Imah (Jian Batari), yang memutuskan untuk berhenti menari ronggeng. Ia dan suaminya, Sarpah (Baim), memutuskan berpindah ke dusun lain di mana Sarpah bekerja di perkebunan teh milik seorang juragan, Danapati (Tio Pakusadewo) yang psikopat.

Sejak awal kepindahannya mereka sudah tidak disukai oleh warga setempat, karena seorang penari ronggeng dianggap wanita penggoda lelaki.

Danapati yang suka bermain perempuan ternyata menyukai Imah. Danapati melakukan apa saja untuk mendapatkannya Imah, termasuk mengutus Sarpa untuk mengambil bibit teh di daerah Sumatra. Danapati pada suatu kesempatan berhasil memperkosa Imah. Saat Sarpa kembali dari perjalanannya, Imah berusaha menutupi kejadiaan yang menimpanya.

Sindangsari mengalami situasi yang sama dengan Banjar, banyak terjadi pembunuhan dengan luka di punggung mayat yang sudah bolong. Warga Sindangsari menjadi resah hingga menimbulkan saling curiga di antara mereka.

Sementara warga mencari si pelaku, teror hantu Sundel Bolong muncul dan membuat situasi semakin menegangkan. Sundel bolong adalah film horor Indonesia tahun 1981 yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra dan diperankan oleh Suzzanna, Barry Prima, Rudy Salam.

mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih yang bolong (berlubang tembus) Konon, hantu Sundel Bolong mati karena diperkosa, lalu melahirkan anak di dalam kubur. Sundel Bolong juga dikisahkan kerap menculik bayi-bayi yang baru lahir.

*) Spiritualis, Budayawan, Penulis

Related posts