Kodam I/Bukit Barisan Ingatkan Ormas Tidak Meniru-Niru Seragam Tni

  • Whatsapp
banner 468x60

Bukit Barisan, LiraNews.com – Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Edi Hartono meminta kepada semua ormas untuk tidak meniru-niru pakaian maupun seragam TNI. Masih banyak warna atau identitas lain yang bisa digunakan ormas untuk mengembangkan organisasinya.

Hal ini dikatakan Edi Hartono, terkait kabar munculnya foto salah satu organisasi masyarakat (ormas) yang pakaian dan seragamnya mirip dengan atribut Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Beberapa pria yang konon tergabung dalam ormas Perintis Kemerdekaan Indonesia (PKRI) dan Penerus Pejuang Perintis Kemerdekaan Indonesia (PPKRI) tampak berfoto menggunakan baret lengkap mirip TNI.

“Enggak usahlah pakai-pakai atribut yang mirip TNI. Saya rasa, masih banyak warna lain yang bisa digunakan sebagai ciri satu organisasi,” ujar dia kepada wartawan, kemarin.

Ormas yang menggunakan atribut mirip TNI, terangnya, sangat mudah sekali mengecoh masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil. Dari kejauhan, kata Edi, memang seragam ormas PKRI dan PPKRI itu sangat mirip sekali dengan atribut TNI.

“Kalau personel Kodam itu kan jelas. Di baju dinasnya ada logo Kodam dan tempat kesatuannya masing-masing,” ungkap Edi.

Untuk itu dia mengimbau seluruh masyarakat, khususnya di Sumatera Utara, lebih berhati-hati agar tidak mudah tertipu.

Biasanya, menurut Edi, ormas-ormas yang atributnya mirip TNI kerap menyalahgunakan penampilannya untuk menipu masyarakat.

“Kepada masyarakat, jika melihat ada orang yang mengenakan atribut mirip TNI sebaiknya diyakinkan betul-betul apakah dia itu benar anggota atau bukan. Jangan sampai masyarakat terkecoh karena seragam yang hampir sama persis,” imbuhnya. LN-JMP

banner 300x250

Related posts

banner 468x60