Komisi III DPR RI Tetapkan 5 Calon Hakim Agung Pada Rapat Pleno

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Komisi III DPR RI akhirnya memutuskan, memilih 8 calon hakim (5 orang di antaranya merupakan calon Hakim Agung) dari 10 nama yang calonkan Komisi Yudisial (KY).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (23/1/2020) usai dirinya memimpin rapat pleno Komisi III DPR RI yang beragendakan pengambilan keputusan calon Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, dan Hakim Industrial.

“Setelah kami duduk dan bicara dengan dinamika dari masing masing anggota dan poksi, dari sembilan poksi tentunya, kami membahas secara mendalam dan terjadi dinamika perdebatan tentang nama nama calon sesuai dengan pendapat masing masing poksi,” katanya.

Tentunya, lanjut Herman, pendapat poksi ada yang sama ada pula yang berbeda, namun Komisi III DPR RI mengedepankan musyawarah mufakat supaya ada kesamaan

“Akhirnya kami memutuskan secara mufakatnya adalah kami memilih 8 calon dan 2 calon karena hampir semua poksi tidak setuju dan menolak. Dan menghasilkan 8 nama calon yang sudah kami bacakan tadi dan sudah diputuskan.

Nama-nama tersebut adalah:
1. Susilo SH, MH (Hakim Agung)

2. Dr Dwi Sugiarto SH, MH (Hakim Agung)

3. Dr Rahmi Mulyati SH, MH (Hakim Agung)

4. Drs H bursa SH, MH (Hakim Agung)

5. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno SH, MH (Hakim Agung)

6. Dr Agus Yuniarto SH MH (Hakim Ad Hoc)

7. Ansori SH, MH (Hakim Ad Hoc)

8. Sugianto SH, MH (Hakim Hubungan Industrial)

“Total seluruhnya ada delapan orang, sementara dua tidak disetujui, yakni: Dr Sartono SH, MH, MSi dan Dr Willy Farianto SH, MHum,” jelasnya.

Herman menolak berkomentar, terkait alasan penolakan kedua calon hakim tersebut.

“Saya kira kami tidak perlu sampaikan alasan penolakan. Menerima dan menolak adalah hak anggota Komisi III,” tegasnya.

Herman menjelaskan, dua nama yang telah ditolak oleh Komisi III DPR RI ini nantinya akan diganti oleh KY dengan nama-nama baru.

“Soal nama baru KY akan melakukan proses sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan kami harap di lain kesempatan KY akan mengajukan lagi nama-nama calon,” tuturnya.

Terkait MA yang masih kekurangan Hakim Agung, lantaran saat ini berjumlah 5 orang, sedangkan yang dibutuhkan adalah 11 orang, Herman menyebut, kapan pun diperlukan, Komisi III DPR RI siap menyeleksi para calon Hakim Agung yang diajukan KY.

“Tentunya kalo bicara kebutuhan hakim agung di MA masih banyak dan kami serahkan prosesnya kepada komisi yudisial dan kami siap saja kapan lagi sesuai dengan jadwal dan kapanlagi waktunya KY mengajukan nama-nama lagi,” ungkapnya.

Seperti diketahui 8 nama calon hakim yang telah disetujui Komisi III DPR RI terbagi atas: 5 orang calon Hakim Agung, 2 orang calon Hakim Ad Hoc, dan 1 orang calon Hakim Industrial. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60