Komisi IX DPR RI Sambut Baik Putusan MA Anulir Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh menyambut baik Putusan MA yang membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang berlaku sejak 1 Januari 2020.

Hal tersebut disampaikan politisi yang akrab disapa Ninik ini kepada media, Senin (9/3/2020).

“Ini tentunya sangat kita harapkan. Kita, Komisi IX sudah berjuang luar biasa untuk pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, terutama kelas 3. Alhamdulillah MA membatalkan kenaikan iuran BPJS ini,” katanya.

Politisi PKB tersebut berharap, seluruh stakeholder yang ada untuk segera mengambil langkah mengimplementasikan Putusan MA ini.

“Kita berharap Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan BPJS Kesehatan segera mengambil langkah-langkah strategis untuk pelaksanaan dari keputusan MA ini,” pintanya.

Anggota DPR RI asal Dapil Jatim 3 tersebut meminta, seluruh pihak terkait, terutama pemerintah untuk mencari solusi terbaik untuk mengatasi defisit yang dialami BPJS Kesehatan tanpa menaikkan iuran peserta.

“Dan tentunya juga kita perlu melakukan desain ulang bagaimana agar kekurangan biaya utang yang ditanggung oleh BPJS ini segera teratasi tanpa harus menaikkan iuran dari peserta,” tutupnya.

Skema Pengembalian Dana Peserta BPJS Kesehatan

Sementara ini anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menjelaskan, dengan putusan Mahkamah Agung ini berarti seluruh kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang berlaku 1 Januari 2020 akan dikembalikan ke awal, atau dibatalkan.

“Ini berlaku surut kan kalau salah mulai Januari. Ini nanti BPJS Kesehatan akan memfollow up Putusan MA ini bagaimana cara mengembalikan yang sudah membayar ini,” terangnya.

Secara teknis, tutur Yahya, kemungkinan akan mengalami kerumitan dan kesulitan dalam penerapannya di lapangan.

“Tetapi bisa saja uangnya tidak usah dikembalikan, tetapi dikonversi untuk pembayaran bulan bulan berikutnya. Jadi kalau kemarin kan 22,5, sekarang 42. Nah selisihnya itu akan dihitung untuk pembayaran bulan berikutnya, tidak usah dikembalikan.

Politisi Partai Golkar ini juga menyambut baik kabar ini dan mengapresiasi Putusan MA menganulir kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

“Iya, saya kira sebagai anggota DPR dari Komisi IX, saya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas Putusan MA yang mengabulkan permohonan Judicial Review,” pungkasnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60