Komjen Listyo Calon Tunggal Kapolri Diusulkan Jokowi ke DPR

  • Whatsapp
Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si.
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memilih Komisaris Jenseral (Komjen) Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

Jika lolos dalam fit and proper test di DPR, maka Komjen Listyo akan menggantikan Idham Azis sebagai Kapolri yang masuk masa pensin pada 1 Februari 2021.

Komjen Listyo saat ini menjabat Kabareskrim Polri, dan menjadi satu dari lima perwira tinggi bintang tiga Polri yang sebelumnya diusulkan Kompolnas ke Presiden Jokowi.

Terkait sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo, LSM LIRA telah mengulasnya sebagai sosok polisi yang dekat dengat ulama.

Wakil Presiden Bidang Politik dan Keamanan (Polkam) LSM LIRA, HM.Rusdi, SH, MH

LSM LIRA juga telah membuka usulan dan masukan dari masyarakat Berebut Kursi Kapolri. Dalam hal ini, sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Komjen Listyo Sogit Prabowo adalah Mantan Ajudan Presiden yang Dekat Ulama. Komjen Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, Maluku pada 5 Mei 1969 umur 51 tahun. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991, juga lulusan S-2 di Universitas Indonesia dengan tesis tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Saat ini, Komjen Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sejak 6 Desember 2019.

Komjen Listyo dikenal lues dalam bergaul. Hal itu dibuktikan oleh kedekatannya dengan para ulama saat menjabat sebagai Kapolda Banten.

Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si.

Perjalanan karier Listyo memang sangat moncer. Ia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Diantaranya menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo pada 2014-2016. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60