Komnas Ham Kecam Tindakan Presiden Jokowi Melempar Hadiah Ke Rakyat

Jakarta, LiraNews.com – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai mengecam tindakan Presiden Jokowi yang memberikan hadiah ke rakyatnya dengan cara melempar dari dalam mobil.

“Sebagai pembela kemanusiaan, saya sangat mengecam keras seorang Presiden yang sadar dan sengaja merendahkan nilai-nilai etika dan moral,” ujar Natalius Pigai kepada media.

Itu, katanya, sama saja merendahkan martabat manusia dan bentuk penghinaan oleh seorang pemimpin kepada rakyatnya sendiri.

“Coba kalau rakyat melempar hadiah kepada Presiden, apa perasaanya,” katanya.

Menurutnya, cara-cara seperti menunjukan keaslian sikap Presiden Jokowi. Karena kekuasaan dan jabatan nurani kemanusiaannya hilang.

Natlius menegaskan, presiden merupakan simbol negara sehingga semua perbuatannya akan ditiru, diikuti, dan membudaya ke seluruh rakyat Indonesia.

Perilaku Jokowi itu marak dibicarakan publik setelah rekaman videonya diunggah ke situs jejaring sosial Youtube.

Saat kunjungan kerja di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pada Jumat (24/3/2017) lalu, Presiden Jokowi memberikan bungkusan-bungkusan hadiah untuk masyarakat dengan cara melempar dari balik kaca mobilnya.

Dalam rekaman video berdurasi 1:59 menit itu, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jaket bomber warna biru tua berada di dalam mobil kepresidenan, yakni Toyota Land Cruiser.

Duduk di bangku penumpang baris tengah sebelah kiri, Jokowi melempar bungkusan-bungkusan hadiah kepada warga yang hadir menyambutnya.

Dia pun tidak menunjukkan niatan turun dari mobil. Hadiah-hadiah yang dilempar itu sontan jadi rebutan warga. Petugas keamanan dibuat kewalahan. LN-AZA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *