Komnas-PA Dukung Perlindungan Anak Difabel dan Usulan Perda Penyandang Disabilitas Sidoarjo

  • Whatsapp
banner 468x60

Sidoarjo, LiraNews – Perjuangan Koalisi Komunitas Penyandang Disabilitas Sidoarjo untuk mewujudkan kota Inklusif dan ramah penyandang disabilitas kembali mendapatkan dukungan penuh dari lembaga negara.

Dukungan itu kembali datang dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas-PA) Republik Indonesia, kemarin.Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Republik Indonesia Arist Merdeka Sirait mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada komunitas penyandang disabilitas kabupaten sidoarjo.

“Agar DPRD Kabupaten Sidoarjo segera membuat rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perlindungan, pelayanan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di kabupaten sidoarjo,”  ujarnya kepada awak media saat meresmikan Rumah Prestasi Yayasan Ananda Mutiara Indonesia / AMI di Perumahan Puri Surya jaya cluster vancouver blok J9 nomor 10 gedangan Sidoarjo.

Dia mendukung sepenuhnya gerakan yang dilakukan selama ini untuk anak yang berkebutuhan khusus untuk semangat dan semangat terus dalam rangka memperingati Hari Anak Indonesia.

“Sekali lagi Komnas Perlindungan Anak RI mendukung pemuda-pemuda yang melakukan gerakan terhadap perlindungan anak, apakah itu anak berkebutuhan khusus, apakah itu anak yang ter eksploitasi,apakah itu korban kekerasan,” jelasnya.

“Saya kira supporting Komnas Perlindungan Anak terhadap gerakan ini harus terus dikumandangkan, tegas Aries. Dia juga menyatakan bahwa Aanak terlindungi Indonesia maju,”tandasnya saat mengakhiri siaran persnya.

Sementara itu, sekretaris Koalisi Komunitas Penyandang Disabilitas Sidoarjo Yenni Dharmawanti,S.E. bersyukur dan mengapresiasi Komnas Perlindungan Anak Republik Indonesia atas dukungannya terhadap perjuangan dan gerakan mewujudkan sidoarjo inklusif dan ramah penyandang disabilitas.

“Tadi pak Arist datang bersama rombongan untuk meresmikan Rumah Prestasi untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Yenni berharap Rumah itu nantinya akan menjadi tempat belajar yang aman dan nyaman sehingga dapat mendukung tumbuh kembang Ananda-ananda istimewah untuk meraih mimpinya,” katanya.

Selain peresmian Rumah Prestasi, kami juga melakukan MoU dengan Komnas Perlindungan Anak sebagai upaya perlindungan dan penghapusan segala stigma negative, kekerasan dan eksploitasi anak-anak, khususnya yang ditujukan kepada Ananda-ananda berkebutuhan khusus di sidoarjo, papar Yenni yang juga sebagai ketua umum Yayasan Ananda Mutiara Indonesia / AMI itu.

Tidak boleh lagi ada stigma terhadap ABK, seperti menyebut anak-anak penyandang disabilitas intelektual dengan sebutan Idiot. Hal ini harus diluruskan, karena mereka tidak ingin dilahirkan seperti itu, tegasnya.

“Alhamdulillah setelah didukung oleh komisi-D DPRD Kabupaten Sidoarjo, dukungan dari masyarakat dan elemen organisasi banyak berdatangan terhadap perjuangan dan gerakan kami untuk memiliki kota yang Inklusif dan ramah difabel,” pungkas Ibu yang juga dikaruniai dua orang putra berkebutuhan khusus itu.

Sebelumnya, Moch Dhamroni Chudlori, ketua komisi-D DPRD Sidoarjo akan mendukung 150 % untuk kebaikan para penyandang disabilitas di kabupaten sidoarjo, katanya dalam rapat audiensi bersama komunitas penyandang disabilitas Senin (7/6/2021).

Setelah mendapatkan aspirasi dan keluh kesah dari para penyandang disabilitas, dirinya langsung meminta kepada seluruh Kepala OPD yang hadir dalam audiensi itu untuk segera mengakomodir semua aspirasi para penyandang disabilitas.

“Pada akhirnya, adanya Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum yang mengatur terhadap pelayanan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di kabupaten sidoarjo adalah suatu keniscayaan. Saya akan membicarakannya kepada AKD dan badan hukum untuk segera membicarakannya,” imbuhnya.

Diketahui, Koalisi Komunitas Penyandang Disabilitas Sidoarjoyang diwakili oleh LIRA Disability Care (LDC), Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (YAMI), Persatuan Tuna Netra Indonesia (DPC PERTUNI) Sidoarjo, Perhimpunan Penyandang Cacat Mandiri (PPCM) Sidoarjo dan Yayasan AURICA dengan didampingi tim LBH LIRA Jatim menggelar audiensi bersama komisi-D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Senin (7/6/2021) di ruang rapat komisi gedung DPRD Sidoarjo.

Tampak hadir sebagai undangan para Kepala OPD dalam hal ini Dinas Kesehatan, Dinas Ketanagakerjaan, Dinas Pendidikan, DinasP3AKB dan Dinas Sosial untuk memberikan paparan program kerja dan menyerap aspirasi dari para penyandang disabilitas di kabupaten Sidoarjo.

Para kepala OPD juga berjanji akan terbuka dan siap membantu para penyandang disabilitas yang ada di kabupaten Sidoarjo. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60