Konflik Israel-Hamas, Hikmahanto Apresiasi Menhan RI Tawarkan Bantuan Kemanusiaan bagi Rakyat Gaza

Jakarta, LiraNews– Pengamat Hubungan Internasional Prof. Hikmahanto Juwana mengapresiasi Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang menawarkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza yang kini tengah diserbu oleh pasukan Israel.

“Nah saudara-saudara sekalian karena isunya adalah isu kemanusiaan, maka apa yang disampaikan oleh Pak Menhan mewakili Presiden Jokowi di Yordania beliau menawarkan apa yang Indonesia bisa bantu dari sisi kemanusiaan,” kata Hikmahanto saat menjadi narasumber Diskusi Dialektika Demokrasi bertema “Aksi Demo Bela Palestina Menyebarkan ke Seluruh Dunia! Peran Penting Indonesia Dinanti” di Ruang PPIP, Gedung Nusantara 1, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Apalagi, lanjut Hikmahanto, apabila gencatan senjata disetujui antara 2 belah pihak maka Indonesia dipastikan akan mengirim pasukan perdamaian ke Jalur Gaza.

“Beliau juga sudah menyampaikan kalau misalnya ada gencatan senjata ini yang disampaikan di Shangrila Dialog maka Indonesia akan mengirim pasukan perdamaian. Tentu saat ini Presiden AS Joe Biden sudah menyampaikan kepada pihak Israel dan Hamas mengenai resolusi gencatan senjata yang disusun oleh AS,” ujar Hikmahanto.

Dosen Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Internasional ini juga memuji langkah cepat Prabowo bertindak dalam konflik Israel-Hamas ini.

“Nah ini yang saya senang karena pemimpin kita cepat dalam melakukan suatu tindakan, tidak menunggu dulu. Ini kan mobilisasi pasukan bukan masalah mudah, termasuk juga kalau misalnya rumah sakit lapangan yang digelar nanti di mungkin di Gaza atau di Rafah hal itu bukanlah perkara mudah.

Menurut Hikmahanto tindakan Menhan Prabowo telah dikomunikasikan terlebih dahulu kepada Panglima TNI dan telah meminta persetujuan terlebih dulu kepada DPR RI.

“Karena kita tahu otoritas penggunaan kekuatan paling tinggi adalah di tangan sipil dalam hal ini DPR ya kan. Jadi sudah minta persetujuan untuk melakukan itu semua,” tukas Alumnus University of Nottingham, Inggris ini.

“Saya berharap apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo dan kemudian pertemuan di Yordania KTT itu yang membahas tentang Gaza dari banyak negara itu akan membentuk yang kita sebut sebagai koalisi kemanusiaan,” tutup Hikmahanto Juwana. LN-RON

Related posts