Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 Akan Diikuti 5.000 Peserta Dalam Dan Luar Negeri

  • Whatsapp
Konpres Kongres Diaspora Indonesia ke-5
banner 468x60

Jakarta, LiraNews –Perhelatan akbar Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) atau disebut CID-5. Kongres bertajuk ‘Empowering Indonesia’s Human Capital’ diadakan Indonesian Diaspora Network – Global (IDN Global).

Dalam kongres ini juga akan mempertemukan diaspora Indonesia untuk berdiskusi isu dan tantangan pembangunan SDM dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya yang dimana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Alam (SDM).

Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman mengatakan bahwa tema yang diusung kali ini sengaja berfokus pada SDM.

“Tema ‘Empowering Indonesia’s Human Capital’ kami angkat karena kekayaan diaspora adalah SDM,” ujar Gerald dalam konferensi pers CID-5 di Jakarta, Senin (5/8/2019) kemaren.

Ia menegaskan, pembangunan SDM menjadi hal yang sangat krusial dalam mengukur sukses atau tidaknya pembangunan suatu negara, termasuk Indonesia.

“Kami sungguh mempercayai bahwa pembangunan SDM merupakan kunci keberhasilan pembangunan Indonesia,” kata dia.

Kongres, jelasnya, akan mempertemukan para diaspora untuk melakukan diskusi mengenai berbagai isu terkait tantangan dalam membangun SDM dari sisi politik, ekonomi sosial hingga budaya.

Melalui teleconference, Ketua Penyelenggara CID-5 Iwan Sunito berharap kongres mampu menjadi wadah bagi para diaspora dalam menyampaikan pesan positif kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami berharap misi yang kami bawa dapat tersampaikan kepada masyarakat Indonesia” kata Iwan.

Iwan berharap kongres tersebut terbuka untuk umum. Masyarakat luas bisa mengetahui misi apa yang tengah dibawa diaspora dalam mendukung Visi Pemerintah.

“Acara ini terbuka untuk umum, bukan hanya (untuk) diaspora Indonesia di luar negeri, namun masyarakat umum juga diharapkan menghadiri acara ini,” kata Iwan.

Kongres rencananya akan dihelat di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 10-13 Agustus 2019. Diperkirakan akan diikuti 5.000 partisipan dari dalam maupun luar negeri dan akan dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya. LN-RED

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60