Konser Gamelan Rock V1mast Rangkul Anak Muda Cinta Budaya Indonesia

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Jakarta, LiraNews.com – Setahun berkiprah dengan V1MAST, Viza K. Mahasa (vokal, gitar, gamelan, angklung, dll) serta Vais Randi (drum dan synth) mulai merasakan dampak positif dari karya-karya yang mereka coba perkenalkan kepada masyarakat Indonesia.

Meski dirasa baru dan terkesan eksperimental, kini genre pop-rock-ethnic atau bisa disebut juga sebagai World Music sudah semakin diterima oleh masyarakat, dan perlahan, stigma menggunakan musik etnik/tradisional itu ketinggalan jaman, bisa dibuktikan kebalikannya oleh V1MAST.

“Konsep “Gamelan Kekinian”, yang artinya gamelan yang menembus batas dan bisa menyatu dengan konsep musik modern, kini terasa semakin easy listening seperti terlihat dalam aransemen atau penampilan V1MAST,” ujar Viza dalam konser Gamelan Rock, Sabtu malam (6/5/2017).

Dalam usaha V1MAST merangkul lebih banyak lagi anak muda agar semakin cinta budaya Indonesia, katanya, kali ini V1MAST bekerja sama dengan @america menggelar Master Class Gamelan for Millennials, dengan konsep workshop hands on Gamelan yang mengajak Millennials untuk belajar Gamelan dalam 2 hari saja! Kelas sudah berlangsung di tanggal 4 dan 5 Mei 2017 kemarin.

“Sebagai bentuk uji pentas, di hari ke-3 atau final day, mereka tampil sepanggung dengan V1MAST membawakan karya-karya yang sudah dilatih selama 2 hari,” katanya.

Materi lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu yang sudah diaransemen ulang oleh V1MAST, yaitu lagu-lagu peraih Grammy Awards, seperti lagu Nirvana-Smells Like Teen Spirit dan Coldplay-A Sky Full of Stars.

Konser Gamelan Rocks! dibuka dengan talk show interaktif yang mengundang Professor Andrew Weintraub, University of Pittsburgh dan V1MAST. Talk show akan membahas seputar perkembangan musik tradisional Indonesia yang dicintai di Amerika dan juga kaitannya dengan kaum hipster di Indonesia.

V1MAST juga akan memperlihatkan secara eksklusif, proses pembuatan video klip single terbaru mereka yang berjudul Cinta Itu Bisa Hilang, dan dilanjutkan dengan penampilan seru serta menarik, V1MAST featuring Gamelan for Millennials Students selama 45 menit.

“Beberapa lagu andalan V1MAST seperti Kurikulum Hatimu dan Jogja Love Story juga dibawakan pada malam hari ini,” paparnya.

Jadi saksi sejarah Gamelan menembus batas dan rasakan pengalaman musikal Gamelan dibalut musik modern bersama V1MAST!

“Terima kasih sudah bersama-sama membantu menjaga eksistensi ekosistem budaya Indonesia. Selamat menikmati konser dan Salam Budaya! GAMELAN… ROCKS!!!” pungkasnya. LN-NRQ

 

 

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Sun May 7 , 2017
LiraNews.Com