Lebih Ekonomis dari LRT Meinhardt Singapore Sarankan Batam Terapkan APM Railway

  • Whatsapp
BP Batam buka Klinik Berusaha (Business Clinic) di Singapura
banner 468x60

Singapura, LiraNews – Mengawali kegiatan 2nd Indonesia Investment Day 2019 yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Singapura, BP Batam menerima kunjungan dari Director Business Development of Meinhardt (Singapore) Pte Ltd, Mr Johnson Paul, yang menanyakan proses perkembangan Lelang KPBU Bandar Udara Hang Nadim serta rencana pengembangan LRT di Batam, beberapa waktu lalu.

Berbincang dengan Direktur Pembangunan Sarana dan Prasana, Purnomo Andiantono, pihak Meinhardt menyarankan alternatif selain LRT untuk dapat diterapkan di Batam. Yakni menggunakan jenis APM Railway (Automated People Movers).

Hal ini mempertimbangkan biaya Investasi LRT yang tidak lebih murah dibanding MRT, serta luas wilayah Batam serta jumlah penduduknya yang tidak sebanyak Singapura, penerapan APM untuk angkutan massal yang juga dapat dimanfaatkan untuk angkutan kargo, membutuhkan biaya investasi dan operasional yang jauh lebih rendah dibanding menggunakan teknologi LRT.

Bisnis klinik BP Batam kemudian juga mendapat kunjungan dari Pasific Disposable Pte. Ltd yang berkonsultasi mengenai peraturan keluar masuk barang modal dari dan ke wilayah FTZ Batam.

Sementara dari Rapzo Capital, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Informasi Teknologi berdiskusi dengan tim BP Batam mengenai perkembangan KEK Nongsa Digital serta peluang investasi di bidang IT di Batam.

Ms Jeann Ong dari Nadathur Fareast Pte Ltd Singapore, tertarik Dengan perkembangan industri pariwisata di Batam, dan mencari informasi mengenai peluang bekerjasama dengan berbagai hotel yang ada di Batam.

WEC Engineers & Contruction Pte Ltd, dalam kesempatan yang sama juga mencoba menggali informasi mengenai peluang untuk berinvestasi di Batam dalam hal pengembangan infrastuktur.

Smart Storages Singapore, sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam dalam hal warehousing dan logistic, berkunjung ke desk BP Batam untuk menanyakan proses import dan eksport dari dan ke Kawasan FTZ Batam, serta beberapa peraturan pelengkap lainnya, seperti mengenai batasan kewajiban pemenuhan SNI untuk barang-barang yang akan dikirim ke Batam.

Kegiatan desk Business Clinic Hari ini ditutup Dengan kunjungan dari PSA Corporation Ltd yang mengelola Pelabuhan Kargo di Singapura, yang mencoba mencari peluang kerjasama untuk pengembangan pelabuhan Batu Ampar Batam. BP Batam

banner 300x250

Related posts

banner 468x60