Legislator Gerindra Khilmi: E-commerce Dorong Produktifitas dan Pemasaran Pelaku Bisnis

GRESIK – Trend perkembangan teknologi telekomunikasi yang makin canggih dapat dimanfaatkan bagi kalangan UMKM untuk meningkatkan penjualan melalui e-commerce.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI, H. Khilmi dalam Seminar Pemasyarakatan Optimalisasi E-commerce Bagi Usaha Mikro di Gresik, Selasa (27 Desember 2022).

Read More
banner 300250

“Sekarang ini sangat mudah membuka toko online, bermitra dengan platform online shop yang ada, seperti shopee, Tokopedia dan lain-lain, sudah bisa langsung jualan dan jangkauannya lebih luas, tidak hanya di wilayah Gresik namun seluruh Indonesia,” jelas Khilmi.

Karena itu Khilmi berharap dengan teknologi smartphone yang ada bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas tidak hanya sekedar menggunakan hape sebagai sarana hiburan saja.

Transaksi baik itu pembelian, penjualan maupun pembayaran sangat mudah, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

“Sepanjang ada jaringan komunikasi, jaringan internet maka kita bisa melakukan transaksi melalui e-commerce, dan prosesnya sangat cepat, efisien dan efektif,” jelas Khilmi.

Menurut Khilmi perdagangan melalui e-commerce juga terus meningkat, apalagi di masa pandemi menjadi salah satu pendorong tumbuhnya transaksi online.

Hampir semua aktifitas masyarakat berjalan secara online, sehingga penggunaan berbagai macam aplikasi di smartphone juga semakin meluas diberbagai sektor. Dari mulai bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan dan sebagainya.

Sebagai anggota Komisi VI DPR, Khilmi juga mendorong agar transaksi online baik itu transaksi perbankan maupun yang lain dikenakan biaya yang murah.

“Transaksi pembayaran, pemindahbukuan melalui teknologi mobile banking harusnya lebih murah, ketimbang transaksi manual,” jelasnya.

Karena tidak ada lagi cost produksi untuk merawat kantor dan sebagainya. Sehingga mendorong masyarakat untuk semakin luas memanfaatkan e-commerce.

Khilmi berharap kehadiran e-commerce yang semakin meluas, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kalangan pelaku bisnis, untuk semakin meningkatkan produktifitas dan meningkatkan penjualan.

“Jangan hanya menjadi konsumen saja, menggunakan smartphone untuk nonton youtube dan main game, namun juga untuk hal yang positif,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *