LIMA MANFAAT MANDI PAGI BAGI KESEHATAN

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Membasuh seluru tubuh dengan guyuran air yang bersih dan segar sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Terlebih jika dilakukan di pagi hari, manfaatnya luar biasa.

Sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences menyebutkan, air segar maupun air dingin mampu memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit.

Read More
banner 300250

Studi itu ternyata bukan satu-satunya manfaat mandi pagi. Ada banyak, seperti berikut:

1. Meningkatkan Produktivitas

Guyuran air dingin yang menyentuh seluruh kulit tubuh akan membuat tubuh kita lebih segar dengan kesadaran yang stabil.

Dengan mandi pagi, detak jantung akan stabil karena dapat memompa aliran darah ke seluruh tubuh, serta meningkatkan ritme pernapasan.

Ditambah lagi, paparan air yang segar juga meningkatkan metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil.

Itu semua akan meningkatkan produktivitas anda, pastinya.

2. Meredakan Stres dan Depresi

Mandi pagi punya keterkaitan dengan pbentukan suasana hati yang ceria dan berbunga-bunga.

Tak heran, ketika di kamar mandi, orang kerap bernyanyi-nyanyi melantunkan suara merdu bak vokalis band. Itu semua karena suasana hati saat mandi.

Dikutip dari Psychology Today, mandi air dingin serupa dengan metode hidroterapi, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan air.

Salah satu manfaat dari hidroterapi adalah untuk mengatasi gejala depresi. Mandi air dingin membantu melepaskan hormon norepinefrin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati pada pengidap depresi.

Bahkan produksi beta-endorfin pada tubuh akan meningkat, sehingga perasaan akan terasa jauh lebih baik dan bahagia.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Mandi di pagi hari melancarkan detak jantung, memperbaiki persendian tubuh, dan sirkulasi darah akan lancar.

Tak heran, sebelum tubuh menyentuh air, biasanya timbul perasaan malas atau kedinginan. Tapi setelah terguyur air semua terasa baik bahkan justru terasa segar.

Meskipun tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, mandi saat pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

4. Meningkatkan Imunitas

Jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi penurunan sebesar 29 persen pada angka orang-orang yang sakit. Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54 persen, apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

5. Mengatasi Hidung Tersumbat

Jika Anda menderita gejala hidung tersumbat akibat pilek, flu, atau gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat mandi pagi hari.

Tubuh yang disiram dengan air segar akan membantu mengencerkan dahak dan lendir dalam hitungan menit. Ketika dahak dan lendir sudah menjadi lebih encer, Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Related posts