LSM JR Lamongan Netral Dalam Pemilu Kada Lamongan

  • Whatsapp
banner 468x60

Lamongan, LiraNews – Dalam giat Pemilukada Lamongan, yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, LSM JR Indonesia telah memposisikan sebagai pemantau pemilukada bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ), Sabtu (21/11/2020).

Dalam gelaran pemilihan kepala daerah LSM LiRA JR Lamongan sebagai lembaga yang independen murni non partisan,tidak berpihak pada salah satu Paslon,semua Paslon kalau dilihat melanggar tidak pandang bulu pasti akan dilaporkan tentu harus didukung dengan alat bukti yang obyektif tidak berdasar pada pesanan salah satu Paslon.

Dalam hal ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum ( PKPU ) nomor 10 tahun 2012. Tentang Pemantau dan tata cara pemantauan pemilihan umum.

Dalam hal kode etik pemantau ada 10 hal yang harus dilakukan oleh team pemantau independen, termasuk dalam poin 7 yang menjelaskan bahwa informasi yang dikumpulkan harus obyektif benar adanya pada suatu kegiatan yang diduga melanggar.

Ketika sebagai team pemantau pemilu ada temuan surat undangan di duga dari salah satu Paslon yang akan mengundang guru Madin di salah satu tempat, yang diduga ada upaya pengarahan dan penggiringan pada salah satu Paslon tertentu, kegiatan ini jelas melanggar aturan main pemilu.

” Terkait hal tersebut maka Abdul Qodir selaku Bupati LSM LIRA JR, melakukan klarifikasi pada komisioner paanwascam didapatkan jawapan bahwa kegiatan itu sudah dilakukan team ses salah satu Paslon dua kali ini tanpa pemberitahuan dan sudah dicatat di LHP Panwas untuk ditindak lanjuti Ke Bawaslu Kabupaten sebagai laporan pelanggaran administrasi,” jelas salah satu komisioner.

Dalam kesempatan itu Bupati lira memberi saran pada panwascam agar mengambil tindakan yang terukur sesuai dengan kewenangan yang sudah dituangkan dalam Undang – undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum, dan perbawslu nomor 3 tahun 2020, tentang perubahan atas peraturan badan pengawas pemilihan Umum.

Pada setiap temuan pelanggaran oleh masing- masing Paslon, guna menjaga keharmonisan dan kelancaran pemilu Lamongan ayem tentrem pada 9 Desember mendatang. LN – AGS.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60