Lsm Lira Apresiasi Kejaksaan Eksekusi Mantan Walikota Probolinggo Buchori Ditahan

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya, LiraNews.com – Direktur LBH LIRA ,(Lumbung Informasi Rakyat) Jatim, Asman Afif Ramadhan SH, mendukung langkah penegak hukum dalam mengeksekusi HM. Buchori mantan walikota Probolinggo dua periode ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Medaeng Surabaya.

Suami dari Rukmini, walikota Probolinggo saat ini sedang mengajukan banding atas vonis hakim pengadilan Tipikor.

“Kami apresiasi langkah tegas penegak hukum, agar tidak menjadi preseden buruk bagi pemberantasan korupsi, maka memang selayaknya sejak diputus oleh Hakim Tipikor, dia (Buchori) langsung ditahan,” ujar Afif.

Afif menambahkan, sudah dari awal LSM LIRA mendesak agar terpidana kasus korupsi tersebut segera ditahan, agar masyarakat tidak menjadi curiga ada permainan dalam kasus ini.

“LSM LIRA, mengawal kasus ini dari awal, semoga ini dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat,” ungkap pengacara istri alm.Ismail Hidayah korban pembunuhan Dimas Kanjeng ini.

Kepastian penahanan Buchori disampaikan Kepala Rutan Klas I Medaeng Bambang Harianto. Menurut Bambang, Buchori masuk ke Rutan Medaeng pada Jumat (18/8/2017) malam.

“Hari Jumat (18/8/2017) lalu, Buchori masuk ke rutan sini. Untuk waktunya, jika tidak salah antara pukul 20.00 atau 21.00. Terkait dengan proses hukumnya, masih tetap berlanjut. Ada perintah terkait dengan penahanan,” kata Bambang singkat.

Namun, proses banding yang dilakukan Buchori ke Pengadilan Tinggi Surabaya Ditolak.

“Untuk eksekusinya saya masih belum dengar,” kata Kasi Pidsus Kejari Kota Probolinggo Herika Ibra Machderi. Ia tidak membantah jika Buchori ditahan.

Seperti diketahui sebelumnya, Mantan Wali Kota Probolinggo 2 periode, HM Buchori divonis hukuman selama 2 tahun penjara, ditambah denda sebesar Rp 200 juta dengan subsider 3 bulan kurungan atas kasus korupsi DAK Pendidikan 2009. Vonis itu lebih ringan dari tuntutan JPU.

Padahal, JPU menuntut mantan wali kota dua periode itu dengan hukuman 5 tahun penjara, plus denda sebesar Rp 300 juta, subsider 6 bulan kurungan. LN-IRD

banner 300x250

Related posts

banner 468x60