LSM LIRA Apresiasi Kinerja Pansel Capim KPK

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews — Kritikan tajam terhadap kinerja Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK dari beberapa kalangan bermunculan, walaupun telah selesai menyerahkan 10 nama Capim KPK ke Presiden Joko Widodo, Senin (2/9/2019).

Sepuluh nama itu merupakan hasil seleksi yang telah berjalan mulai pertengahan Juni 2019, klaim Pansel Capim KPK seleksi tersebut telah dilakukan mereka secara professional.

Seperti dikutip dari Kompas.com (Senin, 02/09) Anggota Pansel KPK Hendardi menyampaikan bahwa pihaknya mendengar sejumlah kritikan yang disampaikan terhadap Pansel Capim KPK. Akan tetapi, dia berkilah bahwa Pansel telah menjaring Capim KPK berdasarkan beberapa pertimbangan yang dilalui.

Masih menurut Hendardi, Pansel Capim KPK telah menerima masukan dari berbagai pihak, masukan tersebut berasal dari unsur KPK, akademisi, guru besar, LSM, Tokoh Masyarakat dan hal itu menjadi pertimbangan bagi Pansel sebelum memutuskan.

Hendardi menambahkan, informasi yang masih dugaan atau indikasi dan belum pasti, maka hal itu tidak dapat dipaksakan kepada Pansel Capim KPK untuk digunakan sebagai kebenaran.

Sikap senada juga disampaikan LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), Irham Maulidy Wapres Bidang Politik, Hukum dan OKK menyampaikan, “Mari kita hargai proses seleksi profesional yang telah dihasilkan oleh Pansel Capim KPK, janganlah kita terlalu apriori terlebih dahulu, karena Presiden dalam memilih Pansel pasti dengan pertimbangan yang matang” ujar mantan aktivis PMII ini.

Irham menambahkan, 10 nama hasil seleksi yang sudah disodorkan kepada Presiden Joko Widodo merupakan tokoh-tokoh yang cukup kredibel dan biarkan nanti Komisi hukum DPR yang menyaring menjadi 5 orang untuk ditetapkan oleh Presiden.

“Kita tetap harus mengapresiasi kinerja Pansel dalam menyaring dan menghasilkan Capim KPK tersebut, jangan sedikit-sedikit kita curiga apalagi sudah menjudge bahwa si-A itu jelek, dll padahal tidak ada bukti yang kuat, maka sama halnya dengan melakukan fitnah dan hoax” pungkas Irham.

Berikut ini 10 nama hasil Pansel Capim KPK yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo :

1. Alexander Marwata (Komisioner KPK)
2. Firli Bahuri (Polri)
3. I Nyoman Wara (Auditor BPK)
4. Johanis Tanak (Jaksa)
5. Lili Pintauli Siregar (Advokat)
6. Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)
7. Nawawi Pomolango (Hakim)
8. Nurul Ghufron (Dosen)
9. Roby Arya B (Pns Sekkab)
10. Sigit Danang Joyo (Pns Kemenkeu) LN-RED

banner 300x250

Related posts

banner 468x60