LSM LIRA Hanya Satu, Ini Penjelasan Presiden LSM LIRA HM. JUSUF RIZAL (III)

  • Whatsapp
banner 468x60

Tapi kenapa HM. Jusuf Rizal membuat Ormas Perkumpulan LSM LIRA Indonesia yang berbadan hukum?

Ceritanya begini. Olis Datau gembar-gembor bahwa hanya Ormas Perkumpulan Lumbung Informasi Rakyat yang mereka buat dianggap sah karena sudah terdaftar di Menkumham. Mereka membuat analisa hukum bahwa tidak ada lagi yang namanya LSM setelah terbit UU Keormasan No.17 tahun 2013. Untuk itu mereka menganggap Dewan Pendiri LSM LIRA setelah mereka buat perkumpulan, tamat. Mereka berpikir membuat organisasi Perkumpulan berbadan hukum itu sulit dan segalanya.

Untuk itu saya bersama beberapa teman membuat Ormas Perkumpulan berbadan hukum LSM LIRA INDONESIA dengan membuat Akta Notaris Perkumpulan yang tidak memiliki kaitan apapun dengan LSM LIRA yang memiliki Dewan Pendiri. Terus melalui notaris mendaftar ke Menkumham dan terbitlah SK Menkumham Ormas Perkumpulan LSM LIRA INDONESIA hanya dengan jangka waktu tiga hari.

Melalui Itu saya ingin menyampaikan pesan bahwa membuat organisasi Ormas Perkumpulan berbadan hukum itu mudah dan tidak sulit. Buat Akta Notaris Perkumpulan, terus daftar melalui online. Jika tidak ada nama yang sama, maka otomatis lolos dan dapat SK Menkumham. Tapi membuat Organisasi LSM tingkat nasional itu sangat sulit. Agar diakui sebagai LSM tingkat nasional, minimal harus punya cabang di 17 Propinsi yang terdaftar di Kesbangpol dengan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) sesuai dengan Permendagri No. 33 Tahun 2012.

Artinya HM. Jusuf Rizal punya LSM LIRA tidak berbadan hukum dan Perkumpulan/Ormas LSM LIRA INDONESIA yang berbadan hukum?

Ia. Saya bersama Dewan Pendiri memiliki LSM LIRA Tidak Berbadan Hukum sesuai Pasal 10 UU Keormasan No. 17 Tahun 2013 yang terdaftar di Kesbangpol Depdagri. Punya SKT yang berlaku hingga 22 Maret 2019. Tapi saya juga memiliki Ormas Perkumpulan Berbadan Hukum LSM LIRA INDONESIA yang telah terdaftar di Menkumham. Saya sebagai Presiden LSM LIRA dan sekaligus Presiden Ormas Perkumpulan LSM LIRA INDONESIA.

Jadi untuk saat ini yang kami gerakkan tetap LSM LIRA yang terdaftar dan memiliki SKT di Kesbangpol di seluruh Indonesia. Jika Ormas Perkumpulan yang berbadan hukum sesuai UU Keormasan No.17 tahun 2013 serta PP No. 58 Tahun 2016, tidak perlu SKT dari Kesbangpol. Keberadaanya cukup pemberitahuan karena Ormas Perkumpulan itu mandiri dan harus jelas pendanaannya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60