LSM LIRA Peduli Keselamatan Nelayan Prigi Watulimo Trenggalek

Trenggalek Liranews.com – Seringnya kejadian kecelakaan di laut yang memakan korban jiwa Nelayan.

LSM LIRA Trenggalek meminta kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek segera adakan Forum Group Discussion (FGD) untuk meminimalisir kejadian kecelakaan laut yang kerap memakan korban jiwa para nelayan.

Read More
banner 300250

Menanggapi permohonan dari LSM LIRA, Pemkab Trenggalek melalu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur memfasilitasi tempat dan undangan FGD di Aula Gedung Pelabuhan Perikanan Nusantara, Prigi Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Tema FGD itu adalah “Keselamatan dan Kesehatan Nelayan” di gelar pada Selasa (26/9/2023)

Hadir dalam acara tersebut Bupapti LSM LIRA Wijianto Wibowo dan Sekda LIRA bersama anggota, perwakilan DKP Provinsi Jatim, Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Trenggalek, Camat Watulimo, Kepala PPN Prigi, Komandan POSMAT AL. Prigi, Komandan POLAIRUD Pos BKO Polres Trenggalek, Koordinator Satwas PSDKP Trenggalek, KABID Perikanan Tangkap dan Pengawasan pada Dinas Perikanan Ketua Subpoja, Kelompok Kesyahbandaran, Kepala BP JAMSOSTEK Kabupaten Trenggalek, Penyuluh Perikanan, dan Perwakilan Nelayan Prigi Trenggalek.

FGD tersebut membuahkan Sembilan Poin Kesepakatan Bersama .

1. Keselamatan dan kesehatan Kerja (k3)Nelayan merupakan tanggung jawab bersama.

2. Hal-hal yang harus yang harus di perhatikan sebelum Nelayan Melaut.

3. Pentingnya melengkapi dokumen perijinan, untuk ini akan di laksanakan Gerai pelayanan perijinan di PPN Prigi berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan KSOP Kementrian Perhubungan.

4. Semua pihak akan lebih mengintensifkan upaya-upaya mitigasi terhadap kemungkinan terjadinya laka laut.

5. melakukan pembinaan secara terus menerus kepada nelayan kecil, sesuai ketersedian anggaran.

6. Pemerintah akan berupaya memberikan bantuan alat keselamatan kepada nelayan kecil, sesuai ketersediaan anggaran.

7. wacana untuk menambahkan persyaratan rekomendasi pembelian BBM berupa ketersediaan alat keselamatan di kapal, hal ini akan di bahas lebih lanjut.

8. mengupayakan koordinasi dengan distrik Navigasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur terkait perbaikan lampu suar.

9. perlunya pembinaan mata pencaharian alternatif bagi keluarga nelayan untuk meningkatkan perekonomian nelayan sehingga nelayan tidak tergantung pada usaha penangkapan ikan saat cuaca buruk atau musim paceklik.

Bupati LSM LIRA Trenggalek, Wijianto Wibowo menerangkan Kegiatan FGD ini di lakukan bertujuan demi kebaikan dan Keselamatan Para Pekerja Nelayan di Wilayah Prigi Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur Terangnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *