LSM LIRA Riau Akan Laporkan Mitra Bangunan Supermarket Pada Disnaker Riau

  • Whatsapp
banner 468x60

Pekanbaru, LiraNews – Bertambahnya pengaduan dari pekerja PT. Surya Pratama Keramindo Site Mitra Bangunan supermarket Pekanbaru kepada LSM LIRA Riau terkait dugaan beberapa pelanggaran hak normatif dan pelanggaran UMK karyawannya,

DPW LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Provinsi Riau akan melaporkan PT. Surya Pratama Keramindo Site Mitra Bangunan Supermarket Pekanbaru kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau Senin, 26 Oktober.

Read More

banner 300250

“Hari Senin, kami akan melaporkan Perusahaan Tersebut Ke Disnaker bidang pengawasan tenaga kerja,” demikian di sampaikan oleh Gubernur LSM LIRA Riau melalui Sekwil LIRA Riau Retna Anita Anis,SH, Sabtu (24/10/2020).

Retna juga menuturkan bahwa sesuai motto LSM LIRA yaitu: Mendengar, Melihat dan Berbuat, artinya ketika ada laporan dari masyarakat LSM LIRA akan tindaklanjuti.

“Disini perusahaan tidak boleh semena mena melanggar aturan perundang-undangan yang telah ditetapkan,
LSM LIRA akan laporkan supaya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Riau melakukan penindakan,” tegasnya.

Di samping itu Sekwil LSM LIRA, mengimbau masyarakat atau pekerja yang merasa haknya tidak di berikan sesuai peraturan perundang undangan bisa melaporkan ke LSM LIRA Riau.
“Biar kita tindak lanjuti ke Dinas terkait,” cetusnya.

Berdasarkan keputusan Gubernur Riau No.kpts.1198/XI/2019 bahwa Kota Pekanbaru upah minimum kota (UMK) Pekanbaru ditetapkan sebesar Rp. 2.997.971 tetapi masih ada juga Perusahaan memberikan upah karyawannya dibawah UMK Pekanbaru.

UU ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 menetapkan, melanggar ketentuan upah minimum merupakan tindak pidana kejahatan dan pengusaha diancam sanksi pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun dan/atau denda paling lama sedikit Rp. 100 Juta dan paling banyak Rp. 400 Juta menurut pasal 185 ayat (1).

“PT.Surya Pratama Keramindo Site Mitra Bangunan Supermarket yang beralamat di jalan.Tuanku Tambusai Pekanbaru, memberi pengupahan rata-rata Rp.2.4 Juta kepada karyawannya,” jelas karyawan PT.Surya Pratama Keramindo Site Mitra Bangunan Supermarket inisial (fa) dan (as) kepada media liranews.com.

Ketika liranews.com melakukan konfirmasi via telp selular kepada manajemen, dibenarkan oleh Store Manager Mitra Bangunan Supermarket Pekanbaru, Syafrudin Hanifah Majid mengatakan bahwa benar adanya pengupahan rata-rata Rp. 2.4 Juta paling kecil dan mengakui adanya pengupahan UMK 80 % dari 100 % ketetapan pemerintah dan beliau juga menjelaskan tentang jam kerja karyawannya 48 jam seminggu. LN-ADS

banner 300x250

Related posts

banner 468x60