LSM LIRA Riau Ingatkan ASN Netral di Pilkada Riau 2020

  • Whatsapp
banner 468x60

Pekanbaru, LiraNews – DPW LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Provinsi Riau meminta masyarakat Riau untuk berperan aktif mengawal proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Riau yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Perlu diketahui untuk Provinsi Riau, ada 9 Kabupaten/Kota yang akan ikut Pilkada yaitu: Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuansing, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai.

Read More

banner 300250

Selain itu meminta kepada seluruh jajaran LSM LIRA Provinsi Riau, agar dapat memberikan kontribusi aktif menjaga jalannya pilkada di Riau tetap jauh dari tindakan-tindakan yang akan merusak Demokrasi di Provinsi Riau.

Demikian ditegaskan Sekretaris Wilayah (Sekwil) LSM LIRA Riau, Retna Anita Anis.SH kepada media liranews.com Selasa (29/9/2020).

“Agar para calon kepala daerah dengan TIM Pemenangan di daerah, dapat berperan aktif dan menjaga Sinergitas ditengah tengah masyarakat, jangan orang yang jadi Bupati/Walikota kita pula yang akan masuk penjara,” ujar Retna.

Retna meminta, kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah pemilihan kepala daerah kabupaten/kota, agar tidak ikut-ikutan dalam proses Pilkada di Riau ini yang hanya tinggal lebih kurang 3 bulan lagi.

“Saya berharap, ASN khususnya di Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada di Riau dapat berpedoman dan taat pada Surat Edaran KemenPANRB yang telah dikeluarkan pada 27 Desember 2017 dengan Nomor Surat BI7I/M.SM.OOOO/2017, terangnya pada surat tersebut menyurati Pelaksana Netralitas bagi ASN pada penyelenggara Pilkada serentak tahun 2020,” tuturnya.

Ditambahkan Retna sesuai undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara berdasarkan pasal 2 huruf f, menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN adalah “Netralitas”.

“Asas Netralitas ini berarti bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” tutup Retna. LN-BOMA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60