Luncurkan Buku Suara Kebangsaan, Hasto: Mari Membangun Imajinasi Masa Depan

Gravatar Image
  • Whatsapp

JAKARTA, LiraNews – Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto mengatakan, buku ‘Suara Kebangsaan’ yang disusunnya merupakan buah inspirasi dalam melihat kondisi geopolitik bangsa saat ini.

Hasto juga menyebut, bahwa bukunya itu berguna memberikan perspektif pemikiran soal pertahanan bangsa yang merupakan tanggung jawab semua anak bangsa.

Read More
banner 300250

banner 300250

Hal itu disampaikan Hasto dalam sambutan peluncuran buku serta bedah buku karyanya yang berjudul ‘Suara Kebangsaan’ di Bentara Budaya Jakarta, Minggu (7/8/2022).

“Suara Kebangsaan ini mengajarkan kita tentang inspirasi dan mengajarkan kepada kita pentingnya pertahanan sebagai tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia tidak terkecuali,” kata Hasto.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan ini juga membagikan, bahwa buku yang disusun dalam 42 artikel merupakan buah pemikirannya dalam melihat peristiwa-persitiwa nasional yang terjadi di Tanah Air.

“Termasuk tulisan Sastra Jendra itu adalah ketika muncul suatu upaya membangun opini agar Pemilu ditunda dan kemudian perpanjangan masa jabatan presiden tiga kali,” ucap Hasto.

“Tulisan ini sebenarnya juga merupakan suatu pernik-pernik terhadap dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi,” sambungnya.

Politisi asal Yogyakarta ini menambahkan, menginginkan buku tersebut bisa memacu masyarakat Indonesia untuk berani berimajinasi seperti yang dilakukan para pendiri bangsa, salah satunya Bung Karno.

Secara garis besar, Hasto mengatakan buku ini memiliki intisari yang sangat sederhana.

“Nah, itulah moga-moga dengan membaca buku Suara Kebangsaan ini dapat membangun imajinasi tentang masa depan dan tentu saja saya mengucapkan terima kasih karena buku ini saya tulis tepat ketika saya menjadi mahasiswa Unhan. Karena ilmunya memang sangat inspiratif,” jelas Hasto.

Dalam peluncuran dan bedah buku ini, hadir mantan Menteri Pertahanan Prof. Purnomo Yusgiantoro, Rektor Universitas Pertahanan RI Laksamana Madya (TNI) Prof. Dr. Amarulla Octavian, wartawan Pos Kota Azisoko Harmoko, dan moderator Gloria Oyong.

Hadir di acara itu Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Rokhmin Dahuri dan Wiryanti Sukamdani, anggota DPR Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus, Mochamad Herviano Widyatama (juga Ketua Umum BMI), dan Adian Napitupulu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Jakarta Gembong Warsono, Ketua Umum DPN Repdem Wanto Sugito.

Hadir juga Pakar Pertahanan Susaningtyas Kertopati. Juga sejumlah pengajar Unhan seperti Prof. Anak Agung Banyu Perwita dan Prof. Irdam Ahmad. Juga Wartawan Senior J Osdar serta Pemred Historia Bonnie Triyana.

Wartawan Senior J.Osdar mengatakan dirinya menilai Hasto menulis dengan sangat baik dalam substansi buku Suara Kebangsaan tersebut. Ada 42 artikel dalam isi buku itu, dengan berbagai topik yang bersifat filsafat hingga yang benar-benar merakyat

“Dari 42 artikel di buku ini membahas dari masalah filosofis sampai yang benar-benar merumput, transendens sampai yang down to earth. Menarik lagi di dalam tulisan ini, sampai hal yang dari soal force projection, sampai ke masalah pete jengkol, sayur lodeh, masakan padang, ada di dalam buku ini. Semoga ini menjadi kisah gembira bagi kita,” kata Osdar.

Related posts